Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Bawa Powerbank, 8 Koper Calon Jamaah Haji Dibongkar

07 Juli 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KHILAF: CJH asal Kabupaten Sukoharjo diminta membongkar koper untuk mengeluarkan powerbank kemarin (6/7).

KHILAF: CJH asal Kabupaten Sukoharjo diminta membongkar koper untuk mengeluarkan powerbank kemarin (6/7). (IRAWAN WIBISONO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemeriksaan barang bawaan calon jamaah haji (CJH) cukup ketat. Kemarin (6/7), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo meminta delapan CJH kelompok terbang (kloter) 1 asal Kabupaten Sukoharjo membongkar kopernya sesaat setelah masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Mereka kedapatan memasukkan powerbank atau pengisi baterai portabel ke dalam koper.

Satu per satu jamaah dipanggil oleh petugas untuk membuka sendiri kopernya. Beberapa di antara mereka lupa letak penyimpanan powerbank. Sebab, penataan isi koper dipandu dan didampingi oleh keluarga di rumah.

Kepada Jawa Pos Radar Solo, CJH mengaku telah mendapatkan sosialisasi dari petugas daerah mengenai larangan membawa powerbank. “Sudah dikasih tahu, ini khilaf. Saya yang salah,” kata salah seorang CJH Dewi Styawati.

Dewi sempat mendapatkan informasi simpang siur dari teman sesama jamaah bahwa diperbolehkan membawa powerbank di koper. Perempuan yang sebelumnya yakin soal larangan membawa powerbank ini lantas mengikuti saran temannya untuk memasukkan dalam koper. “Setelah saya baca petunjuknya, e…. ternyata benar nggak boleh,” ujarnya.     

Kepala Seksi Koper PPIH Embarkasi Solo Sukamdi menyebut, larangan membawa powerbank diatur dalam surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 15/2018. Barang lain yang dilarang dibawa yakni bahan peledak, cairan dengan volume tertentu, makanan dengan bau menusuk, dan sebagainya sesuai aturan penerbangan.

“Koper setelah kami terima, kami serahkan ke pihak Garuda Indonesia. Setelah di X-ray ternyata ditemukan barang-barang yang dilarang, rata-rata powerbank,” ungkapnya.  

Sementera itu, kedatangan CJH Embarkasi Solo ke Asrama Haji Donohudan pada hari pertama kemarin berjalan lancar. Sebanyak 358 CJH kloter pertama dari Kabupaten Sukoharjo tiba pukul 08.00. Mereka disambut di aula asrama haji sebelum mengikuti tes kesehatan dan beristirahat di kamar masing-masing.

Menurut rencana kloter 1 diterbangkan ke Tanah Suci hari ini pukul 05.35 dari Bandara Internasional Adi Soemarmo. Mereka akan diantar langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Alhamdulillah kedatangan untuk hari pertama lancar. Kloter satu ada dua jamaah yang tidak bisa berangkat karena yang satu meninggal di daerah dan sakit. Hari ini (kemarin) ada empat kloter yang tiba di asrama haji,” katanya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia