Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Melihat Potensi Wisata Waduk Gondang

07 Juli 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Melihat Potensi Wisata Waduk Gondang

Usai diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, masyarakat di sekitar Waduk Gondang, Kerjo Karanganyar berlomba mengembangkan wisata di wilayah setempat. Seperti apa potensi ekonominya?

PEMANDANGAN alam di wilayah Karanganyar tak pernah habis dieksplorasi. Muncul banyak objek wisata baru yang layak untuk dikunjungi. Terutama di kawasan lereng Gunung Lawu. Ada satu potensi wisata yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Yakni Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo.

Beberapa warga setempat bahkan sudah merintisnya. Seperti di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso. Tepatnya sebelah selatan Waduk Gondang. Mereka mengembangkan wisata air dengan menyajikan pemandangan Gunung Lawu. Jika nantinya waduk sudah terisi air, ada keindahan tambahan dari lokasi itu.

Pemandangan alam perbukitan hijau dengan ditumbuhi pohon karet dapat dinikmati di ujung utara waduk. Serta bangunan bendungan waduk juga menjadi daya tarik tujuan wisatawan. Nantinya ada pula objek wisata air yang berada di dalam waduk itu sendiri.

Suyatno, salah satu pengembang wisata Desa Jatirejo mengaku sudah melirik potensi wisata di wilayah itu sejak 2014 silam. Wisata air yang ia kembangkan bersama warga setempat sengaja dibuat di pinggiran waduk. Lantaran ia ingin memperlihatkan keelokan waduk Gondang seperti halnya pengembangan wisata di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Wisata air yang dia kembangkan meliputi waterpark dan kolam renang di lahan seluas 6.000 meter persegi.

”Jadi bisa bermain air dan sambil menikmati pesona Gunung Lawu dari kejauhan,” bebernya.

Dia juga berencana mengembangkan wisata kebun jambu di dekat waduk. Wisata yang ditawarkan adalah memetik jambu langsung dari pohonnya. Ngargoyoso sendiri sudah terkenal penghasil jambu merah. Bahkan sudah ada wisata petik jambu di Jatirejo yang ramai wisatawan.

”Rencana akan kami tambah wisata edukasi untuk anak-anak cara menanam jambu sampai memanen. Sudah kami sediakan lahan dan kita siapkan pemandunya,” terang Suyatno.

Salah seorang pengunjung Renita warga Kalimantan terkesan dengan pemandangan alam di Waduk Gondang. ”Lokasinya enak, sejuk dan bisa lihat Gunung Lawu. Bisa mampi ke bendungannya juga, bisa memetik jambu merah,” (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia