Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Solo

CJH Berkursi Roda Didampingi Khusus

10 Juli 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

TERJAMIN: Jamaah haji dengan kursi roda akan dilayani dengan baik oleh petugas pendamping ibadah haji.

TERJAMIN: Jamaah haji dengan kursi roda akan dilayani dengan baik oleh petugas pendamping ibadah haji. (IRAWAN WIBISONO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo harus bekerja ekstra. Sebab jumlah calon jamaah haji (CJH) dengan kursi roda meningkat lebih dari 100 persen dari tahun lalu.

Pekerjaan ekstra yang harus dilakukan panitia adalah pendampingan saat turun dan naik kendaraan, perjalanan ke kamar hingga naik pesawat. Menurut data dari tim penerimaan jamaah, hingga kelompok terbang (kloter) 8 Kabupaten Sragen yang diberangkatkan Senin malam (8/7), terdapat 47 jamaah dengan kursi roda.

“Jumlah terus bertambah menyusul kedatangan jamaah kloter 9 dan 10 dari Kabupaten Klaten. Kloter 9 ada 12 jamaah, kloter 10 ada 6 jamaah,” terang Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah PPIH Embarkasi Solo Afief Mundzir, Selasa (9/3).

 Afief menyebut, penggunaan kursi roda disebabkan oleh dua hal. Pertama karena CJH masuk kategori kesehatan risiko tinggi (risti), kedua disebabkan faktor usia lanjut. Banyaknya CJH berusia sepuh karena masa tunggu haji saat ini relative lama. “Beban petugas kloter bertambah. Mereka harus tetap semangat,” ujarnya.

Sementara itu hingga terdapat dua CJH meninggal. Terbaru, Mudjahid Damanhuri Mangun wafat di RSAS King Fadh Madinah. Warga Jaten, Karanganyar ini masuk kloter 4. Sebelumnya Sumiyatun Sowikromo Sutardjan asal Polokarto, Sukoharjo wafat saat menempuh perjalanan dari tanah air ke Madinah, Arab Saudi, Minggu malam (8/7). Perempuan berusia 57 tahun itu terkena serangan jantung sesaat sebelum mendarat di bandara Madinah.

Sementara itu CJH asal Kota Surakarta telah masuk Asrama Haji Donohudan, kemarin. Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Surakarta Danang Sulindriyanto mengatakan, jumlah jamaah yang berangkat tahun ini sebanyak 407 jamaah yang terdiri dari tiga kloter.

“Kloter 11 sebanyak 250 jamaah, kloter 12 sebanyak 147 jamaah dan kloter 96 yakni 5 jamaah. Berdasarkan jadwal, kloter 11 dan 12 diberangkatkan hari ini (kemarin) pukul 09.00 dan 11.00 sedangkan kloter 96 akan diberangkatkan pada 5 Agustus mendatang,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia