Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Sanksi Camat Purwantoro di Tangan Bupati

10 Juli 2019, 18: 43: 12 WIB | editor : Perdana

PAPARAN: Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub beri keterangan pers kemarin (9/7). 

PAPARAN: Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub beri keterangan pers kemarin (9/7).  (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menerbitkan rekomendasi kepada bupati Wonogiri untuk menjatuhkan sanksi disiplin terkait pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) yang dilakukan Camat Purwantoro  Joko Susilo.

“Pemkab mempunyai waktu 14 hari kerja sejak diterimanya rekomendasi itu (Jumat 5/7, Red),” terang Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri Ali Mahbub kemarin (9/7).

Dalam rekomendasinya, KASN menyebut, sebagai ASN, Joko Susilo dapat lebih berhati-hati melakukan tindakan. Pada kasus ini memberikan sambutan yang isinya mengajak serta mengimbau peserta sarasehan di pendapa Kecamatan Purwantoro untuk memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf, lalu legislatifnya  Bambang Wuryanto caleg DPR RI nomor urut 1, serta untuk DPD RI nomor urut 26.

Sesuai pasal 275 huruf (3) dan (b) Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu, yang dilakukan Joko Susilo sudah termasuk kegiatan kampanye. Sebab itu, KASN merekomendasikan kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo sebagai pejabat pembina kepegawaian untuk memberikan sanksi disiplin tingkat sedang kepada Joko Susilo mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 53/2010tentang Disiplin PNS.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri Haryono mengaku belum menerima surat rekomendasi dari KASN. ”Malah baru tahu dari media. Mungkin masih di pak sekda, belum turun ke kita," ungkapnya.

Sekda Wonogiri Suharno menyatakan sudah menerima surat rekomendasi dari KASN. Pihaknya akan mengumpulkan tim membahas rekomendasi tersebut sekaligus menunggu arahan bupati. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia