Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan
SBMPTN Universitas Sebelas Maret

Fakultas Hukum Paling Diminati

11 Juli 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Fakultas Hukum Paling Diminati

SOLO - Fakultas hukum menempati urutan teratas pilihan calon mahasiswa dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2019. Sebanyak 2.524 pendaftar menyerbu program studi (prodi) ini. Diikuti pendidikan dokter fakultas kedokteran 1.836 pendaftar dan prodi manajemen fakultas ekonomi sebanyak 1.523 pendaftar.

Fenomena ini menarik setelah beberapa tahun belakangan kelompok sosial hukum (soshum) yang paling diminati di UNS adalah akuntansi. 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNS Solo Ahmad Yunus menilai tingginya minat pendaftar ke fakultas hukum salah satunya dipengaruhi oleh fenomena pemilihan presiden (pilpres) belum lama ini.

“Bisa jadi, itu (pilpres) menjadi salah satu spot yang dipantau oleh generasi milenial. Sehingga mereka tertarik untuk mempelajari ilmu hukum lebih dalam. Ini berpengaruh dalam tingkat minat pendaftar yang semakin meningkat,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Yunus menambahkan, tingginya pendaftar ilmu hukum juga sebagai bukti bahwa Indonesia tengah berjalan menuju negara maju. Salah satu indikatornya kesadaran terhadap penegakan hukum semakin meningkat. Di beberapa negara maju lainnya, penegakan hukum menjadi perhatian utama. Baru kemudian bidang kesehatan. Tren itu ternyata terbawa dalam SBMPTN UNS.

“Selain itu, UNS juga sudah mendeklarasikan diri sebagai Kampus Benteng Pancasila. Kampus nasionalis, antiradikalisme, dan mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Sehingga itu menjadi magnet tersendiri bagi pendaftar untuk belajar ilmu hukum di sini,” sambungnya.

Sebagai informasi, pengumuman SBMPTN telah dilakukan Selasa (9/7). Sebanyak 45.374 pendaftar yang memilih UNS, gagal diterima di PTN tersebut. Dari jumlah tersebut, UNS hanya menerima 3.361 calon mahasiswa baru melalui jalur ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Terdiri dari 1.630 peserta saintek dan 1.731 peserta soshum.

Rektor UNS Jamal Wiwoho menyebut peminat SBMPTN yang memilih UNS sebanyak 48.735 pendaftar. Jumlah tersebut terdiri atas 24.293 prodi saintek dan 24.442 prodi soshum.

“Pada PTN tertentu, Kemenristekdikti membolehkan adanya tambahan poin untuk putera daerah atau pendaftar yang masuk zonasi PTN tersebut. Namun untuk UNS, dasar pertimbangan seleksi adalah nilai UTBK,” tandasnya. (aya/bun

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia