Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Ganti Bongkar Transito Klir

11 Juli 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Perdana

NOMINAL BERVARIASI: Warga terdampak penataan Transito antre ambil uang ganti bongkar.

NOMINAL BERVARIASI: Warga terdampak penataan Transito antre ambil uang ganti bongkar.

Share this      

SOLO – Pemilik bangunan terdampak pembanguan Underpass Transito di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan telah menerima uang ganti bongkar yang ditransfer ke rekening masing-masing, Rabu (10/7). Proses selanjutnya, pemkot melakukan pembersihan puing dan mulai garap underpass.

Pengamatan Jawa Pos Radar Solo, warga yang sudah mendapat undangan mengambil nomor antre di meja yang disediakan Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta di selter Pasar Buah Purwosari.

Mereka dipanggil satu per satu untuk membuat berita acara pengambilan uang.  Setelah itu, warga mendapatkan buku rekening yang sudah berisi nominal ganti bongkar sesuai haknya.

Kabid PKL Disdag Surakarta Didik Anggono menuturkan, sedikitnya 104 warga mendapat ganti bongkar. “Total dana ganti bongkar Rp 200 juta. Nominal ganti bongkar paling sedikit Rp 300 ribu, sedangkan paling banyak Rp 5,5 juta,” jelasnya.

Sesuai dengan kesepakatan, uang ganti bongkar diberikan dalam bentuk tabungan. Dalam hal ini pemkot menjalin kerja sama dengan Bank Jateng. 

Terkait progres pembongkaran bangunan sudah mencapai 90 persen. Diperkirakan akhir pekan ini atau awal pekan depan sudah bersih. Pemkot sudah menyiapkan kendaraan sejak awal pembongkaran untuk mengangkut barang warga.

“17 orang pindah ke Rusunawa Mojosongo. Untuk pedagang ada 13 yang pindah ke sini (Pasar Buah Purwosari, Red), lima orang di Selter Sriwedari, dan lima orang diselter Hasanudin. Lainnya pulang ke kampung mereka karena bukan warga Solo,” urai Didik.

Progres penataan kawasan Transito tersebut segera dilaporkan ke Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia