Rabu, 21 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Petakan Potensi Masalah Jalan Lingkar Kota

11 Juli 2019, 17: 47: 19 WIB | editor : Perdana

BELAH LAHAN: Warga melintas di ruas jalan JLK sisi barat yakni di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri 

BELAH LAHAN: Warga melintas di ruas jalan JLK sisi barat yakni di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri  (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Kejaksaan Negeri (Kejari) memprediksi potensi masalah pada pembangunan jalan lingkar kota (JLK). Sebab, infrastruktur tersebut melintasi lahan milik warga dan Perhutani.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kejari Wonogiri Hendri Antoro melalui Kasi Intel Amir Akbar mengatakan, pihaknya sudah melakukan diskusi awal bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri terkait pembangunan JLK. Karena anggaran pembanggunan cukup besar, DPU meminta pengawalan kejari. “Nilai proyeknya sekitar Rp 40 miliar," katanya kemarin (10/7).

Pada diskusi awal dibicarakan kondisi di lapangan dan potensi permasalahan. Salah satunya, JLK ini melalui lahan warga dan Perhutani.

"Jalur ini melintasi lahan yang bukan aset pemerintah daerah. Nanti kita minta DPU jelaskan lebih detail saat paparan untuk pengawalan," ujarnya.

Kepala DPU Wonogiri Prihadi Ariyanto mengatakan, pembangunan JLK memasuki tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Setidaknya ada 3 segmen pembangunan JLK. Segmen 1 senilai Rp 24 miliar dan segmen 2 senilai Rp 17 miliar.

Anggaran untuk segmen 1 dan 2 berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jateng. Pembangunan ditargetkan selesai November mendatang. "Segmen 1 dan 2 akan dimulai dari Patung Ganesha (belakang Polres Wonogiri) ke barat," terang dia. Sedangkan segmen 3, rencana anggaran biaya (RAB) dari APBD Wonogiri 2019 masih dihitung

Pemkab berupaya tahun ini JLK akan tersambung. Ruas JLK sisi barat yakni Singodutan, Selogiri sampai Polres Wonogiri masih menyisakan sekitar lima kilometer. "Tanah warga sudah diganti rugi oleh pemkab. Sedangkan untuk tanah Perhutani sudah ada izin pinjam pakai," terangnya. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia