Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Lirik Wisata Solo, 176 Turis Tiongkok Carter Pesawat

12 Juli 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

PERDANA: Pesawat maskapai Citilink saat hendak take-off di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Foto bawah, wisatawan Tiongkok disambut tari topeng ireng,

PERDANA: Pesawat maskapai Citilink saat hendak take-off di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Foto bawah, wisatawan Tiongkok disambut tari topeng ireng, (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melalui Dinas Pariwisata (Disparta) terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Paling gres, Kota Bengawan kedatangan 176 wisatawan asing asal Tiongkok. Mereka datang menggunakan carter flight via Bandara Internasional Adi Soemarmo, kemarin (11/7).

Kedatangan rombongan wisatawan Tiongkok ini mendapat sambutan istimewa. Saat pesawat maskapai Citilink ini parkir di apron bandara, sudah disambut rombongan penari topeng ireng. Serta pengalungan karangan bunga.

Kepala Disparta Surakarta Hasta Gunawan menjelaskan, hadirnya wisatawan asal Tiongkok ini bukti Kota Solo dan sekitarnya mulai mendapat atensi. Menjadi awal untuk memperkenalkan pariwisata maupun industri yang ada.

”Upaya mendatangkan turis ini menggunakan carter flight langsung ke Solo. Ini merupakan sebuah upaya mempromosikan pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya. Kami berharap bisa membawa manfaat dan keuntungan bagi masyarakat luas,” demikian ungkap Hasta kepada Jawa Pos Radar Solo.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo Raya Pri Siswanto dan Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono menyambut positif kunjungan ini. Mereka berharap wisatawan dari Kunming, Provinsi Yunnan, Tiongkok ini mampu menggairahkan pariwisata di Solo. Diharapkan, bisa menarik minat wisatawan dari negar-negara lainnya.

”Selama tiga hari, para wisatawan yang datang bersama-sama keluarga itu diharapkan bisa mampir di tempat-tempat wisata budaya. Selain wisata pantai alam di Jogjakarta dan Jawa Tengah,” papar Pri Siswanto. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman menambahkan, saat ini pihaknya gencar mendorong hadirnya rute penerbangan internasional. Mengingat traffic penumpang domestik saat ini sedang mengalami penurunan.

”Wisatawan datang dengan menggunakan pesawat carter Citilink A320 jenis narrow body airbus. Berkapsitas 180 penumpang. Rencananya carter flight Citilink rute Tiongkok-Solo akan kembali lagi dengan membawa wisatawan Tiongkok pada 18 Juli dan 1 Agustus mendatang,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia