Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Usulan Anggaran Pilkada Dinaikkan

12 Juli 2019, 18: 06: 52 WIB | editor : Perdana

Nuril Huda, Ketua KPU Sukoharjo 

Nuril Huda, Ketua KPU Sukoharjo 

Share this      

SUKOHARJO – Ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mengurangi usulan dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, KPU Sukoharjo sebaliknya. Mereka menaikkan kebutuhan anggaran dari Rp 24 miliar menjadi Rp 28 miliar.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, kebutuhan anggaran pilkada berdasarkan rasionalisasi. “Pemkab juga siap mem-back-up anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkada 2020," terangnya, Kamis (11/7).

KPU Sukoharjo masih butuh menyempurnakan beberapa hal sebagai upaya penghematan anggaran. "Setelah rasionalisasi rampung, KPU akan mempresentasikan pada desk pilkada pemkab dan DPRD Sukoharjo. Memang pengajuan awal itu Rp 24 miliar lebih. Kemudian dirasionalisasikan dan  naik di angka Rp 28 miliar lebih," jelas Nuril.

Rasionalisasi anggaran, juga menyesuaikan calon bupati dan wakil bupati dari partai politik maupun independen. "Yang pasti, proses kampanye dan sebagainya sangat mungkin dikurangi. Proses pencalonan yang dimaksimalkan," ungkap dia.

Terkait tahapan pilkada, Nuril mengatakan masih membutuhkan uji publik untuk menyempurnakan Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur pilkada. Diperkirakan, regulasi pilkada terbaru akan terbit bulan ini. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia