Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

26 Pelatih Kursus Lisensi D Nasional

14 Juli 2019, 16: 45: 59 WIB | editor : Perdana

PEMBELAJARAN: Acara penutupan kursus kepelatihan lisensi D nasional di Hotel Laksana Inn, Mangkubumen.

PEMBELAJARAN: Acara penutupan kursus kepelatihan lisensi D nasional di Hotel Laksana Inn, Mangkubumen. (HILMAN MAHMUD/RADAR SOLO)

Share this      

Berita Terkait

SOLO – Kunci dari sebuah regenerasi pemain sepak bola, tentu ada kinerja dan potensi pelatih yang fokus membangun tim usia dini. Beberapa hari terakhir (7-13/7), Askot PSSI Surakarta bersama Asprov PSSI Jawa Tengah bekerja sama menggelar acara kursus dasar kepelatihan, untuk mengambil Lisensi D Nasional Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia).

Ketua Panitia Pelaksana L Agus Saparno menyampaikan pentingnya peran pelatih dalam perkembangan anak didik. ”Seorang pelatih tidak mencari mereka yang terbaik, tapi mereka yang mau bekerja keras dan giat berlatih” terangnya kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Lisensi Filanesia ini sendiri bersifat dasar. Sehingga para peserta diharapkan bisa melatih SSB, hingga bisa juga menjadi asisten pelatih klub Liga 3. Pihak penyelenggara sendiri menargetkan untuk ke depan setelah dari acara ini, para pelatih mampu mengembangkan skill dan mental bertanding para pemain muda binaanya. 

”Peserta yang mengikuti acara ini notabene adalah para mantan pemain bola, dan mereka yang kompeten di dunia sepak bola. Ya jadi lebih mudah dalam keberlangsungan acara ini,” imbuhnya.

Seiring perkembangan zaman, semakin berkembang juga teknik pelatih dalam menerapkan format berlatih agar bisa dengan mudah dimengerti oleh para pemainnya. Tak salah jika PSSI akhirnya melahirkan Filanesia.

Kursus ini sendiri diinstrukturi oleh Kibnu Harto Slamet, yang diikuti 26 peserta. Salah satunya berasal dari Ghana.

“Harapannya semoga seluruh kurikulum yang diajarkan, bisa menjadi batu loncatan bagi para pelatih untuk melatih timnya ke depannya,” imbuh Kibnu Harto Slamet. (mg1/nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia