Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Ke Depan, Ada Telusur Sangiran Purba

14 Juli 2019, 16: 20: 59 WIB | editor : Perdana

Ke Depan, Ada Telusur Sangiran Purba

PEMERINTAH Kabupaten Sragen tengah mematangkan rencana Sangiran Purba Tour. Konsep wisata ini mirip dengan Lava Tour di Kaliurang yang mengeksplorasi keindahan dan daya tarik Gunung Merapi. Namun di Sangiran lebih mengeksplorasi tanah purba.  

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen Tugiyono menampaikan, rute purba tour rencananya start dari Menara Pandang Sangiran dan mengelilingi Kawasan Situs Purba Sangiran termasuk mengunjungi Museum Sangiran dan Museum Klaster. Estimasinya Sangiran Purba Tour ini memakan durasi sekitar tiga jam.

”Hal ini untuk memperlihatkan bila wisata yang ada di Sangiran tidak hanya fosil atau edukasi saja, tapi ada juga wisata di luar itu. Kami sudah pernah ujicoba Purba Tur ini dan ternyata daya tariknya luar biasa,” ujarnya

Menara Pandang Sangiran diplot sebagai tempat start karena area parkirnya yang cukup luas. Sehingga hal ini akan membawa efek bergeraknya kegiatan lain di kawasan itu. Dalam Purba Tour ini, pihaknya juga akan menghubungi para penyedia jasa tur dan pariwisata.

Pemkab Sragen sudah menjalin hubungan dengan komunitas pecinta jeep yang ada di Sragen dan sekitarnya. ”Kami sudah pernah ujicoba Purba Tur ini dan waktunya sekitar tiga jam,” ujar dia.  

Dia berharap kedepan rencana ini bisa menggerakkan perekonomian yang ada di kawasan Sangiran. Masyarakat dan komunitas yang ada di Sangiran turut dilibatkan dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Sementara, Ketua Forum Remaja Sangiran Aris Rustiyoko mengaku sempat dihubungi pihak Pemkab Sragen soal Purba Tour.

”Saat ini sudah ada rencana, namun masih taraf wacana. Saya nanti harapannya bisa mengkonsep desa wisata dengan potensi alam disini,” ujarnya. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia