Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Meriah, Ribuan Orang Senam Masal di CFD

15 Juli 2019, 11: 24: 28 WIB | editor : Perdana

WARAS WARGANE: Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo (dua dari kiri) dan Kapolresta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo (paling kanan) ikut senam bersama di CFD Jalan Slamet Riyadi, Minggu kemarin (14/7).

WARAS WARGANE: Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo (dua dari kiri) dan Kapolresta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo (paling kanan) ikut senam bersama di CFD Jalan Slamet Riyadi, Minggu kemarin (14/7). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Gelaran Solo Car Free Day (CFD) Minggu kemarin (14/7) tampak meriah dibanding Minggu-minggu sebelumnya. Ribuan orang memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Pagi itu, suasana pecah ketika seluruh warga mengikuti senam pagi massal yang dihelat dalam rangka merayakan sembilan tahun berlangsungnya hari bebas kendaraan di Kota Bengawan.

Musik ritmik nan menghentak menjadi pemandu kala ribuan warga mulai mengikuti gerakan sejumlah instruktur senam kesehatan jasmani (SKJ) pagi itu. Suasananya sangat cair. Gerakan tidak kompak dari beberapa peserta memicu gelak tawa dari peserta lainnya. Semua tampak sumringah meski harus melawah sinar mentari pagi yang cukup menyengat. “Kiri-kiri, maju-mundur ke kanan,” seru salah seorang instruktur senam di sudut Simpang Pasar Pon. 

Musik pengiring SKJ selesai diputar. Tiba saatnya para instruktur memandu segenap warga untuk senam Gemu Famire khas Maumere, NTT. Gerakan khas putar ke kiri dan ke kanan menguras tenaga peserta senam. Meski keringat bercucuran, ribuan warga yang berjajar sepanjang 3,5 kilometer itu masih semangat untuk menyelesaikan tuap gerakan. Bahkan saat beberapa warga mulai menepi kepanasan, mayoritas peserta senam masih betah senam Poco-Poco hingga pendinginan dengan senam Indonesia Pusaka. “Wahh.. seger bener,” kata Tatik, 42, salah seorang peserta senam

Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo yang juga mengikuti setiap gerakan dari instruktur dari awal hingga akhir mengapresiasi antusias warga Solo dalam kegiatan tersebut. Dia menilai Senam Pagi Indonesia itu merupakan implementasi slogan yang kerap dia dengungkan, yakni Waras Wargane. Rudy berharap keberadaan CFD makin bermanfaat bagi masyarakat. Dia ingin senam macam ini makin rutin dilakukan oleh masyarakat. 

“Ada sembilan ribu peserta. Saya harap melalui senam masal ini warga Solo makin sehat berpikir, sehat berbicara dan sehat bertindak. Besok instansi-instansi bisa rutin setiap hari Jumat menggelar senam,” ujar Rudy. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia