Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Dua Siswa Purworejo Wakili Jateng ke Jambore Dunia di Amerika

17 Juli 2019, 08: 32: 27 WIB | editor : Bayu Wicaksono

Dua siswa SMA Negeri 1 Purworejo, Zerlina Prima Putri Adisti dan Anggita Yunia Nugraheni.

Dua siswa SMA Negeri 1 Purworejo, Zerlina Prima Putri Adisti dan Anggita Yunia Nugraheni.

Share this      

SEMARANG - Dua siswa SMA Negeri 1 Purworejo, Zerlina Prima Putri Adisti dan Anggita Yunia Nugraheni terpilih mewakili Pramuka Kwarda Jateng untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-24 di Virgina Barat, Amerika Serikat 23 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

Dalam The Summit Bechtel Family National Scout Reserve dengan tema Unlock a New World itu, Prima maupun Anggi terpilih karena menjuarai Lomba Pramuka tingkat Penggalang 5 yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Oktober 2017 lalu. 

Baik Prima maupun Anggi, saat ditemui usai bertemu dengan Kamabinda yang juga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh mengaku tidak menyangka bisa terpilih mewakili Jateng sekaligus Indonesia dalam event lima tahunan itu. 

Gubernur Ganjar Pranowo dan Kakwarda Jateng Siti Atikoh menerima delegasi Kwarda Gerakan Pramuka Jateng pada Jambore Dunia ke 24 yg akan diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat. Selasa (16/7)

Gubernur Ganjar Pranowo dan Kakwarda Jateng Siti Atikoh menerima delegasi Kwarda Gerakan Pramuka Jateng pada Jambore Dunia ke 24 yg akan diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat. Selasa (16/7)

"Ini menjadi kebanggaan bagi kami berdua, sekaligus mimpi yang menjadi kenyataan. Bisa berkumpul bersama dengan 40 ribu anggota Pramuka seluruh dunia di bumi perkemahan yang sangat luas," kata keduanya. 

Usaha untuk meraih itu, kata mereka, dilakukan sejak mengikuti lomba tingkat siaga. Secara berjenjang, lomba Pramuka yang digelar mulai tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional ia ikuti. Ketika tidak meraih juara, Prima maupun Anggi tak pernah patah semangat. Ia terus ikuti sampai meraih juara pertama. 

Prima, yang lahir 11 Agustus 2003 merupakan anak pertama anggota Brimob Polres Purworejo berpangkat Aiptu, Bambang Tri Hadi Waluya. Ibunya, Sri Wiyanti,41. Sedangkan Anggi, yang lahir pada 17 Juni 2003, ibunya Eni Indrasti, 51, merupakan bidan di Purworejo. Bapaknya bernama Radji Budiarso, 59.

"Saya sudah bawa oleh-oleh Karamel Etawa dan Klanting, untuk oleh-oleh kepada teman-teman di sana nanti," ujar keduanya yang mendapat uang saku yang sama besarnya dari orang tua masing-masing, USD 400.

Ganjar pun berpesan kepada keduanya untuk mempromosikan keindahan Indonesia yang terdiri dari pulau-pulang yang panjangnya seperti Benua Eropa.

"Kampanyekan nilai-nilai yang baik kepada dunia. Budaya Indonesia yang adiluhung juga promosikan. Ajak mereka berkunjung ke Indonesia," pesan Ganjar.

Sementara itu, Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo juga menyampaikan rasa bangganya kepada Prima dan Anggi yang mendapat reward dari Kwarnas mengikuti Jambore Dunia. Selain menjadi pengalaman baru, keduanya pun diharapkan bisa memanfaatkan peluang untuk belajar sekaligus menjalin koneksi dengan anggota Pramuka seluruh dunia. 

"Ketika di sana maupun pulang nanti, saya berharap mereka menyebarkan virus kebaikan dan lebih giat dalam kegiatan Pramuka. Karena, manfaat yang didapat tentu tidak untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat," tandasnya.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia