Rabu, 11 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Solo Host Kejuaraan Dunia Tapak Suci

17 Juli 2019, 15: 50: 59 WIB | editor : Perdana

SIAP DIGELAR: Persiapan menuju kejuaraan dunia tapak suci.

SIAP DIGELAR: Persiapan menuju kejuaraan dunia tapak suci. (HILMAN MAHMUD/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kejuaraan dunia Tapak Suci Putera Muhammadiyah hadir di Kota Solo. Kejuaraan berlangsung di Sritex Arena, 1-5 September mendatang.

Ajang ini diinisiasi PP Tapak Suci Putera Muhammadiyah, IPSI dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dihadiri 8 sampai 10 negara dengan total peserta sekitar 500 atlet. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sofyan Anif menjelaskan, nomor kategori ada 34 medali emas yang dipertandingkan, meliputi 18 nomor kategori fight dan 16 kategori seni. Rencana pembukaan pada Kamis (1/9).

”Diadakan di Solo karena pada 1-5 Juli 2020 akan diadakannya Muktamar Muhammadiyah dan Aisyah-48 secara serentak. Acara tersebut rencananya dibuka di Manahan dan Kejuaraan Dunia Tapak Suci merupakan salah satu rangkaian acara tersebut,” jelas Sofyan Anif.

Tapak suci tak hanya tersebar di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Belanda, Perancis, Taiwan, Brunei, Malaysia, Timor Leste, Jerman, Yordania, Mesir, Lebanon. Untuk tingkat ASEAN, seperti Timor Leste dan Singapura, yang masih mengurusi tentang administrasi keanggotaan. Untuk timnas akan diwakilkan peserta daerah wilayah tingkat provinsi.

Kejuaraan ini sekaligus menambah jam terbang para atlet menyongsong berbagai even. Seperti PON XX 2020, pra-PON, SEA Games, Asian Games, Kejuaraan Dunia. Tapak Suci diberikan kesempatan ekshibisi dalam rangka untuk pengajuan Pencak Silat sebagai World Heritage oleh tiga atlet tapak suci, dari Mesir dan Jawa Barat. Mereka tampil masing-masing di Inggris, Yordania, dan Jepang. Hal ini dilihat dan dinilai UNESCO serta dipertimbangkan untuk masuk World Heritage, karena dianggap jurusnya lengkap serta termasuk perguruan tua di Indonesia.

”Kita juga mencari bibit unggul kelas dunia. Pada saat ini negara yang telah disebutkan tadi telah melakukan kejuaraan wilayah. Mereka yang menang kemudian akan dikirim ke Indonesia untuk berkompetisi di Solo. Semua ini bertujuan untuk mngharumkan bangsa dan negara,” Imbuh, Afnan Hadikusumo, Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Muhammadiyah. (mg1/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia