Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Gagas Bangun Terminal Peti Kemas di Kalijambe

17 Juli 2019, 16: 19: 31 WIB | editor : Perdana

ilustrasi peti kemas

ilustrasi peti kemas

Share this      

SRAGEN – Pemkab menggagas pembangunan terminal peti kemas di wilayah Kalijambe. Apalagi, selama ini jalur tersebut menjali lalu lintas kendaraan berat pengangkut barang. 

Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno menuturkan, rencana pembangunan peti kemas itu sebenarnya sudah lama muncul dan diharapkan bisa terealisasi. ”Usulannya di Kalijambe karena di sana ada zona industri dan sudah banyak pabrik,” terang Dedy kepada wartawan Selasa (16/7).

Wilayah Kalijambe dinilai strategis karena memiliki berbagai kemudahan dan akses. Misalnya, sudah ada jaringan kereta api menuju Semarang. Kalijambe juga berada di perbatasan Sragen yang dekat dengan wilayah Kota Solo, Kabupaten Boyolali, dan Karanganyar.

Selain itu, di sana sudah berdiri sejumlah industri. Di antaranya mebeler kualitas ekspor, batik, tenun, dan lainnya. Dengan adanya terminal peti kemas itu, kata Dedy, harapannya bakal memudahkan proses angkutan berbagai macam barang lewat kereta api.

”Dari terminal peti kemas Kalijambe harapannya bisa mengirim barang langsung ke Pelabuhan Semarang. Lokasi strategis bisa menghemat waktu dan biaya,” papar Dedy.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen Marija mengungkapkan, pemkab juga terus mempermudah akses di kawasan Kalijambe. Salah satunya membangun jembatan dan jalan di daerah Klayudan.

Keberadaan jembatan itu memudahkan warga Sragen  menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. ”Ruas jalan tersebut juga mengantisipasi keberadaan kota satelit yang ada di Gemolong dengan kawasan industri pendukung di Sumberlawang dan Kalijambe,” kata Marija. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia