Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Terminal Baru Bandara Adi Soemarmo akan Beroprasi Awal Agustus

19 Juli 2019, 08: 55: 59 WIB | editor : Perdana

LEBIH KOMPLET: Kondisi terminal baru Bandara Internasional Adi Soemarmo yang dikonsep dengan nuansa batik, Kamis (18/7). 

LEBIH KOMPLET: Kondisi terminal baru Bandara Internasional Adi Soemarmo yang dikonsep dengan nuansa batik, Kamis (18/7).  (SERAFICA GISCHA PRAMESWARI/ RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Selangkah lagi, masyarakat bisa menikmati layanan terminal baru Bandara Internasional Adi Soemarmo. Fasilitas umum yang kental dengan nuansa batik tersebut bakal beroperasi 1 Agustus mendatang.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman menyampaikan, nuansa batik menjadi prioritas untuk disematkan pada desain interior terminal baru. Tujuannya, ikut mempromosikan warisan leluhur yang telah diakui Unesco tersebut dan memberikan kesan berbeda bagi calon penumpang peswatan.

“Dari pintu masuk itu sudah kelihatan (nuansa batik, Red). Ubin kita juga menggunakan corak batik. Pilar-pilar besi dilaser motif parang. Kami juga memajang alat cap batik sebagai dekorasi dan background di sisi ruang check in. Kemudian di dinding atas loket juga menggunakan motif batik parang dengan teknik cap,” urainya kemarin (18/7).

Pada bagian boarding lounge, security check 2, dan sisi lainnya tak luput dari sentuhan khas batik. Menurut Usman, terminal baru tersebut digunakan sebagai terminal keberangkatan dan beroperasi 1 Agustus mendatang. Saat ini, proses pengerjaan tinggal finishing.

Selain desain khas, loket check in di terminal baru lebih banyak, yaitu 26 loket dan menggunakan sistem flight information display system (FIDS). Sebelumnya, di terminal lama hanya tersedia 18 loket.

Bulan ini, Usman bersama pejabat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan memastikan seluruh sarana prasarana di terminal baru berfungsi dengan baik.

Peningkatan fasilitas di terminal baru dibarengi dengan penambahan rute terbang. Salah satunya rute Kunming (Tiongkok)-Solo-Kunming per 1 Agustus 2019. Penerbangan menggunakan pesawat Citilink 320 Neo dengan kapasitas 180 orang. Kemungkinan, maskapai lainnya yakni Batik Air ikut menambah rute Madinah menggunakan pesawat jenis 330 Neo.

“Untuk rute domestic, Citilink akan membuka Solo-Bandung. Sampai saat ini rute eksisting sebanyak 48 penerbangan. Targetnya, dengan penambahan rute-rute baru ini dapat mendongkrak jumlah penumpang. Jika sekarang 6.000 orang per hari, ke depan bisa 22.000 orang per hari," harap Usman. (gis/wa)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia