Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo
Lomba Kampung Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Laweyan Tonjolkan Industri Batik dan Ledre

19 Juli 2019, 11: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Kelurahan Laweyan Tonjolkan Industri Batik dan Ledre

SOLO – Kelurahan Laweyan terpilih mewakili Kota Solo dalam lomba “Kampungku Mandiri Kampungku Sejahtera” di Semarang, hari ini. Rencananya, potensi Kampung Batik Laweyan akan jadi sajian utama dalam lomba tingkat provinsi tersebut. Seperti diungkapkan Plt Lurah Laweyan Djoko Subagyo.

Djoko menyebut pihaknya bakal membawa sejumlah potensi unggulan di kelurahan untuk dipamerkan dalam lomba tersebut. Berharap display yang akan disuguhkan dapat mencuri perhatian tim penilai. Targetnya bisa maju ke tingkat nasional.

”Suasana kampung batik jadi tema utama kami. Nanti di sana (Semarang, Red), beberapa produk batik unggulan di Kelurahan Laweyan akan kami bawa. Lengkap dengan tampilan orang membatik pakai canting dan malam,” jelas Djoko, kemarin (18/7).

Selain suasana kampung batik, juga disuguhkan beberapa kuliner khas. Salah satunya Ledre Laweyan. ”Ledre kan cuma ada di Laweyan. Sudah ada sejak 1984. Kuliner ini juga kami tampilkan. Selain itu, kami juga menampilkan berbagai kreasi dan kerajinan tangan dari warga,” bebernya.

Djoko berharap lewat lomba ini, Kampung Batik Laweyan kian dikenal masyarakat luas. Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisata. “Laweyan kerap jadi rujukan studi banding wilayah lain. Terkahir kunjungan dari Pemkot Bengkulu yang ingin melihat tata kelola kampung batik di sini. Kalau potensi wisatanya meningkat, kesejahteraan dan ekonomi warga juga ikut meningkat. Ini tujuan utamanya,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mendukung upaya Kelurahan Laweyan. Sebab Kampung Batik Laweyan sudah jadi destinasi wisata nasional. “Keberadaan kampung wisata di Solo mulai dilirik banyak pihak. Banyak agen pariwisata atau perhotelan yang mengarahkan wisatawan ke kampung-lampung wisata ini,” tandasnya. (ves/fer)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia