Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Ayam Milik Peternak Mulai Dihargai Layak, Rp 21 Ribu per Kg 

19 Juli 2019, 22: 40: 46 WIB | editor : Perdana

Harga ayam di pasaran cenderung masih stabil

Harga ayam di pasaran cenderung masih stabil

Share this      

SOLO - Keresahan para peternak ayam atas merosotnya harga jual ayam lantaran pasokan bibit yang melimpah, kini tak dirasakan lagi. Sebab, belakangan ayam-ayam hidup yang dihasilkan dari para peternak mulai dihargai dengan layak.

Saat ini, ayam hidup di tingkat peternak dihargai Rp 21 ribu per kilogram (kg). Harga itu dinilai stabil dan sesuai dengan harga pokok produksi (HPP).

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Jawa Tengah Parjuni menyampaikan, sejak dilakukan aksi bagi-bagi ayam gratis pada akhir bulan lalu, mulai ada perbaikan harga ayam.

Bagi-bagi ayam gratis tersebut sebagai bentuk protes atas harga ayam yang terus anjlok di tingkat peternak. Penyebabnya, pasokan bibit ayam yang berlimpah dari tingkat pusat.

”Harga saat ini sudah ideal, mengingat HPP-nya sebesar Rp 18.500 per kg ayam hidup. Dulu harga jualnya sempat anjlok sampai Rp 10 ribu per kg,” tutur Parjuni Jumat (19/7).

Sementara itu, untuk harga ayam potong di pasaran relatif masih stabil sejak dua pekan terakhir. Harga ayam potong di Pasar Legi terpantau Rp 32 ribu hingga Rp 36 ribu per kg. 

Salah seorang pedagang ayam potong Pasar Legi Suprapti mengatakan, harga ayam stabil karena harga dari distributor juga stabil. Saat ini, permintaan ayam  dari konsumen relatif cukup ramai dibandingkan beberapa waktu lalu. (oky/lin/gis/ria)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia