Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Kirab Budaya Libatkan Milenial Jaga Budaya Lokal

21 Juli 2019, 12: 10: 59 WIB | editor : Perdana

AKTIF: Peserta kirab Kelurahan Sriwedari adu kreatif untuk menunjukkan potensi masing-masing RW kemarin (20/7).

AKTIF: Peserta kirab Kelurahan Sriwedari adu kreatif untuk menunjukkan potensi masing-masing RW kemarin (20/7). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Terkikisnya kepedulian generasi muda terhadap budaya warisan leluhur harus segera dicarikan solusi. Seperti yang dilakukan Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan. Yakni dengan menggelar kirab budaya melibatkan banyak anak muda, Sabtu (20/7).

Mereka mengenakan kostum adat, tokoh pewayangan, dan busana unik lainnya. Rombongan kirab memulai perjalanan dari depan Museum Keris ke arah utara melewati Jalan Bhayangkara menuju Jalan Slamet Riyadi. Sesampainya di simpang empat Sami Luwes, belom kanan masuk ke Jalan Honggowongso dan finish di titik awal.

“Kita dorong anak muda di Kelurahan Sriwedari untuk aktif di berbagai kegiatan budaya. Salah satunya kirab ini,” terang Lurah Sriwedari Wardoyo.

Selain kostum menarik, kirab juga dimeriahkan enam gunungan hasil kreasi masing-masing RW. "Untuk gunungan tidak ada ketentuan. Tiap RW boleh mengekspresikan diri sesuai potensi dan kemampuan masing-masing,” jelasnya.

Para pelajar dan karyawan sejumlah instansi tak ketinggalan eksis. Ini membuktikan seluruh elemen di Kelurahan Sriwedari selalu guyub rukun dan tidak lelah mengembangkan potensi diri maupun lingkungan.

"Kami harap kegiatan ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Karena terbukti bisa memacu kreativitas masyarakat sekaligus menggerakkan generasi muda mencintai kebudayaan asli Indonesia,” ungkap Wardoyo. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia