Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Pengalaman Traveling di Umbul Pelem, Tulung, Klaten

Merasakan Sensasi Terapi Pijat Air

21 Juli 2019, 11: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Pengalaman Traveling di Umbul Pelem, Tulung, Klaten

Melimpahnya sumber mata air di wilayah utara Kabupaten Klaten membuat objek wisata air bermunculan. Salah satunya Umbul Pelem Waterpark yang berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Berikut keseruannya,

OBJEK wisata air yang berbatasan dengan Kabupaten Boyolali itu menawarkan kesegaran air alami hingga menikmati kuliner khas. Umbul Pelem Waterpark yang baru beroperasi sejak 2018 itu memang sedang jadi destinasi primadona para wisatawan. Terlebih banyak spot menarik yang layak untuk dieksplorasi.

Mulai dari berenang di kolam anak-anak hingga dewasa. Lalu menikmati kuliner Pecel Cenil yang berasal dari salada air. Jenis sayur ini banyak ditanam di kawasan Umbul Pelem hingga membentuk hamparan hijau.

Menikmati kesegaran Umbul Pelem Waterpark bisa dimulai dari kolam. Untuk dewasa berukuran 60 meter x 20 meter dengan kedalaman mencapai 1,6 meter. Sedangkan kolam anak-anak berukuran sekitar 11 meter x 8 meter dengan kedalaman yang bervariasi mulai dari 30 cm hingga 70 cm. Tersedia fasilitas 15 kamar ganti. Penyewaan pelampung maupun ban dibandrol Rp 5.000 bisa sepuasnya.

Menariknya, di ujung kolam dewasa terdapat seluncuran dengan air yang terus mengalir. Bisa digunakan anak-anak maupun orang dewasa. Ada nuansa alami di salah satu kolam yang masih terdapat bebatuan sungai di kanan-kirinya.

Ditambah dengan suguhan pemandangan hamparan hijau selada air atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman cenil. Tapi sayang saat Jawa Pos Radar Solo mendatangi Umbul Pelam sedang ada pembenahan di area hamparan hijau.

Tetapi jika nantinya area hamparan hijau cenil selesai ditata, maka bakal menjadi spot menarik untuk berfoto ria. Bahkan wisatawan bisa bermain air sekaligus jalan-jalan di antara tanaman cenil yang ditanam oleh warga. Begitu juga dengan melepas kepenatan dengan duduk di dua gazebo yang telah disediakan diantara hamparan hijau cenil tersebut.

Ada salah satu spot di kawasan Umbul Pelam Waterpark yang tidak boleh dilewatkan. Yakni terapi di guyuran air alami. Pihak pengelola menyediakan tiga saluran air dari umbul untuk dimanfaatkan sebagai terapi. Biasanya wisatawan orang dewasa hingga lanjut usia bergantian menikmati guyuran air tersebut.

Spot terapi ini yang membuat Umbul Pelem sudah didatangi wisatawan dari berbagai kota. Wisatwan bahkan harus rela datang sejak Subuh agar tidak ketinggalan pengunjung lainnya. Derasanya guyuran air alami dari Umbul Pelem ini memang menjadikan badan serasa dipijat. Hal ini yang membuat wisatawan yang memiliki riwayat sejumlah penyakit datang ke Umbul Pelem untuk terapi secara rutin. (ren/adi

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia