Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Features

Komunitas Kembang Gula, Bagi Tiket Gratis, Gelar Diskusi Film

21 Juli 2019, 16: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Komunitas Kembang Gula, Bagi Tiket Gratis, Gelar Diskusi Film

KEMBANG Gula memiliki enam kegiatan utama. Pertama, Festival Film Merdeka yang digelar setiap Agustus. Tahun ini akan diselenggarakan pada 4-9 Agustus mendatang.

Kedua, pemutaran film rutin di kampung-kampung setiap bulan maupun pemutaran insidental di kampung dan sekolah.

Ketiga, program apresiasi. Yakni mengenalkan, membicarakan, dan membudayakan masyarakat untuk menonton film produksi Indonesia.

”Kami menggelar acara nonton bareng untuk siapa saja yang ingin menonton film Indonesia di bioskop dengan membagikan tiket gratis. Lalu mendokumentasikan komentar-komentar penonton dan mendiskusikannya dalam kelas-kelas pertemuan khusus yang terbuka untuk umum,” beber Direktur Kembang Gula, Fanny Chotimah.

Secara khusus Kembang Gula bekerja sama dengan produser film yang ingin menyelenggarakan acara nonton bareng dengan atau diskusi dengan pembuat film.

Keempat, workshop perfilman. Program ini, lanjut Fanny, bertujuan meningkatkan kapasitas pekerja film amatir maupun profesional guna mendorong standar kualitas produksi pada tingkat yang lebih tinggi.

”Pelatihan ini meliputi kelas script development lab, dan editing lab yang dilakukan untuk mengarahkan pembuat film untuk lebih memperhatikan isu-isu yang berkaitan dengan tema hak asasi manusia dengan cara yang tepat,” imbuhnya.

Kelima, kelas sinema. Yakni memberi ruang belajar bagi para pelajar. Bekerja sama dengan lembaga sekolah formal dalam program ekstrakurikuler.

”Kelas pertemuan satu kali setiap minggu dengan durasi waktu dua jam. Program terbagi dalam materi apresiasi dan produksi,” jelas Fanny.

Keenam, produksi. Yakni memproduksi film. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia