Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Program Transmigrasi, 8 KK Diberangkatkan ke Kalimantan

22 Juli 2019, 17: 04: 09 WIB | editor : Perdana

Program Transmigrasi, 8 KK Diberangkatkan ke Kalimantan

WONOGIRI – Program transmigrasi masih diminati masyarakat. Terbukti, delapan dari 10 kuota kepala keluarga (KK) transmigran Kabupaten Wonogiri sudah terisi. Mereka siap ditransmigrasikan ke Kalimantan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ristanti mengatakan, setiap tahun Wonogiri memperoleh kuota transmigrasi 10 KK. Kuota ini termasuk banyak dibanding dengan kabupaten lain.

”Kabupaten lain ada yang cuma tiga, ada yang lima KK. Wonogiri 10 termasuk banyak,” kata Ristanti, kemarin (21/7).

Menurutnya, besar kecilnya kuota itu tergantung alokasi anggaran dari pemerintah pusat. Termasuk yang menyiapkan lokasi di tempat tujuan menggunakan anggaran pemerintah pusat.

”Kami pengirim hanya diminta menyiapkan orang, keterampilan dan perbekalannya,” imbuhnya.

Ditambahkan, 10 KK ini nantinya akan ditempatkan di Kalimantan Utara 5 KK dan Kalimantan Tengah 5 KK. Untuk tujuan transmigrasi ke Kalimantan Utara sudah penuh, sedangkan kuota transmigrasi ke Kalimantan Tengah kurang 2 KK.

”Minggu pekan lalu yang ke Kalimantan Utara sudah penuh. Sosialisasi juga sudah selesai pekan lalu. Tinggal memenuhi kuota dan pemberitahuan pemerintah pusat tentang keberangkatannya,” tandasnya.

Pada 2018 lalu, setidaknya 5 KK ditempatkan di Sijunjung, Sumatera Barat. Lalu 5 KK di Kayon Utara. Mereka diberi lahan dua hektare. Dengan rincian 2.500 meter rumah dan pekarangan, 7.500 tegalan. Kemudian yang satu hektare lagi lokasinya sedikit terpisah.

Saat ini sudah ada peningkatan pelayanan bagi para transmigran. Para transmigran juga tidak dipungut biaya, hanya bermodal niat dan semangat, bekerja keras. Seperti saat pemberangkatan akan naik pesawat terbang, bukan menggunakan kapal seperti tahun sebelumnya. Di lokasi juga sudah ada penerangan, menggunakan Solar Cell (listrik tenaga matahari). (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia