Selasa, 20 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Lapas Klaten Overload, Dihuni 298 Kapasitas Hanya 144 Warga Binaan

23 Juli 2019, 17: 51: 34 WIB | editor : Perdana

Plt Kalapas Kelas IIB Klaten Eko Bekti Susanto

Plt Kalapas Kelas IIB Klaten Eko Bekti Susanto

Share this      

KLATEN – Jumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Klaten overload. Saat ini, lapas dihuni 298 warga binaan. Sedangkan kapasitas lapas hanya 144 orang saja.

“Tentu ini sudah overload. Dua kali lipat dari kapasitas. Tetapi kami tidak bisa menolak ketika ada titipan dari Polres Klaten, kejaksaan, atau rutan dari berbagai kota di Jawa Tengah,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Klaten Eko Bekti Susanto, kemarin (22/7).

Kondisi ini mempengaruhi layanan di dalam lapas. Mulai dari pelayanan kesehatan hingga pembinaan yang dilakukan pihak lapas. Mengingat fasilitas yang tersedia tidak bisa digunakan secara optimal.

Eko menambahkan, kondisi ini sudah dilaporkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Termasuk berkoordinasi dengan pemkab, karena sebagian warga binaan berasal dari Klaten. Harapannya ada kontribusi dari pemkab untuk pemberdayaan warga binaan asal Klaten.

“Untuk saat ini, penambahan warga binaan di dalam lapas tidak bisa kami prediksi. Sedangkan pengurangan masih bisa kami prediksi, kapan mereka bebasnya,” terang Eko.

Eko menyebut peran pemkab cukup vital dalam pemberdayaan warga binaan pascabebas. Mengingat selama di dalam lapas, mereka juga sudah dibekali berbagai ketrampilan. Harapannya setelah mereka keluar, siap bekerja dan kembali ke tengah masyarakat.

“Dari total jumlah warga binaan, 25-30 persen menyangkut narkoba. Saya harapkan ada perhatian dan kontribusi pemkab lewat pemberdayaan. Harapannya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” tandas Eko. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia