Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Sumberbulu Kembangkan Wisata dengan Kearifan Lokal

27 Juli 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Perdana

POTENSIAL: Masyarakat Dusun Sumberbulu, Desa Pendem tumpah ruah dalam acara launching desa wisata Kamis malam.

POTENSIAL: Masyarakat Dusun Sumberbulu, Desa Pendem tumpah ruah dalam acara launching desa wisata Kamis malam. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang menawarkan distinasi wisata yang menarik. Yakni desa wisata dengan kearifan lokal. Pembukaan desa wisata ini digelar Kamis (25/7) malam. Lewat pawai obor dan kesenian klothekan lesung pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Kades Pendem, Heru Murwanto mengungkapkan, wisatawan bisa menikmati beragam pilihan yang tidak ditemui di objek wisata lainnya. Mulai dari wisata pertanian organik, wisata bio gas, peternakan, mengambil getah karet, kolam lele, melihat kreasi lesung. Kemudian tracking menyusuri alam desa, cooking class, hingga outbound anak.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati jajanan kuliner desa. Utamanya yang terbuat dari singkong, padi organik, serta bahan lokal lainnya.

”Kalau wisata desa, orang hanya berkunjung. Tapi kalau desa wisata ini, wisatawan bisa menginap. Ada 21 homestay dengan daya tampung 70 pengunjung. Mulai dari tipe dua kamar dan tiga kamar. Kapasitas 4-5 orang,” beber Heru.

Meski jauh dari kawasan wisata Gunung Lawu, namun desa wisata ini sudah dirintis sejak 2016 silam. Masyarakat bersama pemerintah desa setempat berupaya mengembangkan potensi yang ada.

Menurutnya, Desa Pendem sudah memenuhi tiga kriteria desa wisata. Seperti wisata alam, budaya, dan wisata buatan. Dengan adanya desa wisata ini juga sesuai dengan salah satu visi misi Kabupaten Karanganyar. Yakni menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

”Untuk wisata alam itu masih perlu ditata dan dikembangkan lagi. Pada tahun ini, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dikucurkan dana pendampingan Rp 30 juta untuk pengembangannya,” tandasnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia