Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Ratusan CPNS Gratifikasi Berjamaah

Diungkap Inspektorat saat Diklat Prajabatan

29 Juli 2019, 13: 59: 39 WIB | editor : Perdana

BARANG BUKTI: Inspektorat Kabupaten Boyolali amankan barang gratifikasi dari CPNS.

BARANG BUKTI: Inspektorat Kabupaten Boyolali amankan barang gratifikasi dari CPNS. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pendidikan dan latihan (Diklat) prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di lingkungan Pemkab Boyolali diwarnai aksi tidak terpuji. Seluruh peserta diklat yang berjumlah ratusan orang memberikan gratifikasi berupa peralatan makan dan minum kepada pengajar maupun pelatih.

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono langsung menyikat temuan tersebut. Karena memang Inspektorat Daerah bertekad keras memberantas tindakan korupsi dalam berbagai bentuk. Seperti praktik gratifikasi.

”Kami langsung menyita hadiah yang terlah diterima tersebut,” ujar Insan.

Sedikitnya ada 19 paket peralatan makan dan minum yang berhasil dikumpulkan inspektorat. Paket yang telah diserahkan kepada pelatih itu didapatkan dari iuran seluruh peserta diklat di angkatan tersebut. Kemudian, setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya memanggil yang bersangkutan untuk dikonfirmasi.

”Pemberian peralatan makan dan minum ini merupakan gratifikasi dan kurang tepat,” ujarnya.

Insan kemudian memutuskan agar hadiah yang telah terkumpul tersebut diberikan kepada lembaga Taman Kanak – Kanak (TK) melihat fungsi dan kegunaannya.

”Karena jenisnya tempat makan sekolah, saya kira itu lebih bermanfaat untuk adik-adik yang bersekolah di TK. Jadi kita serahkan ke yang lebih membutuhkan,” ungkap Insan.

Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) Boyolali dipilih Inspektorat untuk menerima peralatan makan dan minum ini. Sebab, IGTKI yang menaungi TK se-Kabupaten Boyolali.

”Di Boyollai ada 22 kecamatan. Kami akan berikan secara merata di masing-masing kecamatan. Pasti bermanfaat,” beber Ketua IGTKI Kabupaten Boyolali, Salamah. (wid/adi)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia