Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Sukoharjo Boyong Predikat Kota Layak Anak Madya 

30 Juli 2019, 17: 49: 20 WIB | editor : Perdana

Proboningsih Dwi Danarti, Kepala DPPKBP3A

Proboningsih Dwi Danarti, Kepala DPPKBP3A

Share this      

SUKOHARJO – Sebanyak 23 desa/kelurahan yang sudah menyandang predikat layak anak mengantarkan Sukoharjo sebagai kabupaten layak anak (KLA) kategori Madya. Penghargaan diberikan di Hotel Fourpoints, Makassar, Selasa (23/7).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti mengatakan, penghargaan diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

"Capaian ini berkat dukungan berbagai pihak dan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait. Meski ada beberapa kriteria yang kurang maksimal, kami akan terus perbaiki,” jelasnya kemarin (29/7).

Yang perlu segera mendapatkan perbaikan yakni keberadaan sekolah dan puskesmas ramah anak dinilai belum maksimal. Sebelumnya pada 2015, 2017, dan 2018 Sukoharjo hanya mampu meraih KLA kategori Pratama. Tahun ini, Kota Makmur mampu naik satu tingkat dengan predikat KLA Madya.

Dalam penilaian, selain terdapat 23 desa/kelurahan KLA, keberadaan taman kota memberikan andil besar. Salah satunya Taman Pakujoyo yang dinilai menjadi taman ramah anak.

"Kami juga memiliki sanggar inklusi untuk penyandang disabilitas di setiap kecamatan. Ini merupakan capaian luar biasa. Selain itu Sanggar Bhineka yang merupakan sanggar belajar bagi anak kurang mampu turut memberikan poin positif terwujudnya KLA," beber Proboningsih.

Tahun depan, pemkab menargetkan memboyong penghargaan kategori Nendya. Karena itu, DPPKBP3A bakal mendeklarasikan kecamatan dan desa/kelurahan layak anak melibatkan bupati Sukoharjo dan seluruh camat. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia