Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Jelang Idul Adha, Waspadai Modus Jual Hewan Kurban via Online

03 Agustus 2019, 17: 22: 55 WIB | editor : Perdana

Aktivitas jual beli hewan kurban makin ramai mendekati Idul Adha

Aktivitas jual beli hewan kurban makin ramai mendekati Idul Adha

Share this      

SOLO – Sepekan jelang Idul Adha, aktivitas jual beli hewan kurban kian ramai, baik melalui transaksi langsung atau via media sosial atau online. Namun, masyarakat diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan. Sebab pada kondisi ini, tindak-tindak kejahatan dengan berbagai modus bisa terjadi. 

Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menuturkan, tindak kejahatan yang perlu diwaspadai, seperti penipuan, penggelapan, pencurian, dan lainnya.

”Kami imbau masyarakat, jangan mudah percaya bentuk jual beli hewan kurban dengan harga murah di bawah harga pasaran. Jika memang ada, periksa dengan seksama. Jangan sampai jadi korban penipuan,” kata wakapolresta.

Penawaran dengan harga murah biasanya disebarkan secara online melalui media sosial. Setelah korban tertarik, mereka diminta untuk mentransfer uang separuh dari harga hewan kurban yang ditawarkan.

“Dulu pernah ada kasus penipuan seperti itu. Siapa yang tidak tertarik dengan harga miring di bawah pasaran. Namun, setelah uang dikirimkan, hewan kurban tidak sampai pada pembali. Dan, pelaku kabur membara uang korban. Kan kasihan,” imbuh Andy.

Tak hanya itu, modus lain biasanya melalui arisan hewan kurban. Para korban telah menabung selama setahun terakhir untuk dibelikan hewan kurban saat Idul Adha. Namun, oleh pengelola uangnya justru dilarikan. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia