Kamis, 22 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

KPK Turun ke Wonogiri, Pelototi Proyek LPJU Tenaga Surya

05 Agustus 2019, 20: 28: 01 WIB | editor : Perdana

Petugas memperbaiki LPJU tenaga surya di jalan Alas Kethu

Petugas memperbaiki LPJU tenaga surya di jalan Alas Kethu

Share this      

WONOGIRI - Proyek pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang bersumber dari kementerian dan bantuan provinsi tengah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri membuka diri kepada KPK yang melakukan pemeriksaan. 

Kepala Dishub Wonogiri Ismiyanto mengakui, beberapa hari belakangan KPK melakukan pemeriksaan terhadap proyek LPJU tenaga surya dari Kementerian ESDM. Awalnya, ada laporan warga ke KPK bahwa proyek pengadaan dan pembangunan LPJU tenaga surya itu bermasalah. 

"Ya kami terbuka saja, karena ada yang laporkan ke KPK, memang harus ditindaklanjuti. Kita antar ke lokasi-lokasi yang dalam laporan itu bermasalah," kata Ismiyanto Senin (5/8).

Proyek pengadaan LPJU tenaga surya 2019 dari Kementerian ESDM berada di 431 titik. Dari laporan yang diterima KPK, ada LPJU yang tidak terpasang atau terpasang.

"Memang ada 14 titik yang belum terpasang, tapi proyek itu memang belum selesai. Otomatis belum diserahkan ke pemerintah daerah," kata Ismiyanto

Menurut dia, Pemkab Wonogiri sifatnya hanya penerima bantuan. Sementara untuk pengadaan proyek langsung kepada Kementerian ESDM. 

"Kita hanya menentukan lokasi-lokasinya. Kemarin kita cek bersama-sama menyala semua, sudah terpasang," ujarnya.

Selain itu, KPK juga mengorek terkait LPJU tenaga surya bantuan provinsi pada 2018 kurang lebih sekitar Rp 35 miliar. LPJU terpasang di 815 titik tersebar di 25 kecamatan. 

Diakui Ismiyanto, dalam pelaksaan proyek LPJU tenaga surya bantuan provinsi, sejak awal dishub melibatkan TP4D Kejaksaan Negeri Wonogiri. Itu sebagai bukti profesionalitas sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia