Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Features

Meriahnya Aneka Lomba Peringatan HUT RI di Dalam Rutan Surakarta

07 Agustus 2019, 07: 15: 59 WIB | editor : Perdana

ADU CEPAT: Warga binaan Rutan Surakarta ikuti lomba balap karung.

ADU CEPAT: Warga binaan Rutan Surakarta ikuti lomba balap karung. (A.CHRISTIAN/RADAR SOLO)

Share this      

Gang-gang perkampungan hingga jalan utama perkotaan tambah semarak dengan banyaknya bendera Merah Putih, umbul-umbul, hingga lampu aneka warna yang terpasang. Kemeriahan menyambut HUT Ke-74 RI tersebut juga dirasa di balik tingginya tembok Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Surakarta.

A.Christian, Solo, Radar Solo

JARUM jam baru menunjukkan pukul 06.00. Namun ratusan warga binaan Rutan Surakarta sudah berjajar rapi di lapangan rutan setempat untuk mengikuti aneka lomba. Satu jam kemudian, panitia kegiatan memberikan aba-aba lewat pengeras suara.

Salah seorang warga binaan Agung Ramadhan, 31, sudah pasang kuda-kuda. Layaknya atlet atletik, begitu peluit ditiup, narapidana (napi) kasus pencurian ini berlari secepat kilat menuju titik tumpukan karung. Ya, dia pagi itu tercatat sebagai peserta balap karung.

Lebar karung karung goni yang kurang dari satu meter tidak menghambat loncatan Agung menuju garis finis. Dia begitu bersemangat bisa menjadi tercepat. Usahanya tak sia-sia. Warga Kabupaten Karanganyar tersebut jauh meninggalkan lawan-lawannya. Tepuk tangan dari petugas rutan dan narapida langsung bergemuruh.

“Senang sekali. Jadi ingat waktu masih kecil suka ikut lomba seperti ini. Ini baru pertama kali lomba 17-an di rutan. Baru jadi napi awal tahun kemarin,” terang Agung.

Memang pagi kemarin, wajah para napi tampak lebih semringah. Sejenak mereka melupakan pengapnya udara di dalam sel. Bersukacita bersama memeriahkan HUT RI. 

Tidak kalah girangnya Setiawan. Pria yang terjerat kasus penipuan ini mengikuti lomba balap bakiak.  “Bareng teman-teman sudah latihan. Pokoknya harus kompak,” ujar dia.

Aneka lomba tradisional itu sengaja digelar untuk mengajak seluruh warga binaan bergembira menyambut HUT RI. “Jadi bukan masyarakat bebas saja yang menikmati suasana HUT Kemerdekaan,” terang Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Andi Rahmanto.

Harapan lainnya, para napi lebih cinta kepada tanah airnya. Sehingga ketika rampung menjalani masa hukuman bisa memberikan sumbangsih positif bagi bangsa dan negara.  

“Jangan sampai mereka mengulangi perbuatannya. Gunakan kebebasan untuk berbuat hal positif,” pesan Andi.

Kemeriahan serupa terlihat di halaman Mapolresta Surakarta. Seluruh satuan fungsi dan polsek mengikuti lomba. Mulai dari tarik tambang, futsal, hingga ganti kaus beregu.

“Lomba bersifat beregu ini bertujuan lebih menguatkan persaudaraan dan persatuan, serta kekompakan anggota.  Sehingga juga berimbas pada kinerja,” terang Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai. 

Dia juga berharap generasi milenial mewarisi semangat para pejuang yang telah merebut kemerdekaan Indonesia.  “Sesuai dengan temanya meningkatkan SDM yang unggul, kita lebih semangat melakukan perbaikan untuk kemajuan Indonesia,” pungkas wakapolresta. (*/atn)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia