Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri
Pembunuhan Anggota Dewan

4 Mobil dan Kapsul Jadi Barang Bukti

09 Agustus 2019, 19: 20: 01 WIB | editor : Perdana

4 Mobil dan Kapsul Jadi Barang Bukti

WONOGIRI – Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri telah melimpahkan berkas perkara pembunuhan anggota DPRD Sragen Sugimin ke Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri. Pekan depan, kasus yang menggemparkan jelang Pemilu 17 April lalu itu akan disidangkan.

Kepala Kejari Wonogiri Agus Irawan Yustisianto melalui Kepala Seksi Pidana Umum Bagyo Mulyono mengatakan, berkas perkara telah dilimpahkan ke PN Wonogiri, Rabu (7/8). Berikut tersangka dan barang buktinya.

"Biasanya sepekan setelah dilimpahkan lalu sidang perdana. Agendanya pembacaan dakwaan," terangnya, Kamis (8/8).

Barang bukti tersebut antara lain empat unit mobil, lepek, cangkir, dan beberapa butir kapsul obat diare. JPU bakal menjerat kedua terdakwa yakni suami istri Nurhayati dan Nurwanto dengan pasal 340 KUHP juncto pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Ancaman hukumannya 20 tahun penjara, penjara seumur hidup, hingga hukuman mati.

Berdasarkan hasil ekspos perkara di Mapolres Wonogiri, Rabu (24/4), empat unit mobil itu digunakan sebagai sarana saat pembunuhan.  Kasus tersebut bermula Kamis (11/4) Sugimin datang ke rumah Nurhayati Kustanti, 41, di Gunung Kukusan, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri mengendarai mobil Panther Touring nomor polisi AD 9210 RE. 

Antara korban dan tersangka ada hubungan asmara dan bisnis konveksi sejak 2016. Suami tersangka, Nurwanto juga mengetahui hubungan itu. Berdasarkan pengakuan Nurhayati, Sugimin beberapa kali meminta uang. Pertama diberikan Rp 10 juta lalu Rp 20 juta. Yang terakhir minta Rp 750 juta. Tapi permintaan terakhir tidak dikabulkan.

Korban juga disebut mengancam akan menculik anak Nurhayati. Dari situlah timbul sakit hati berujung pada pembunuhan dengan cara meracuni Sugimin menggunakan kapsul obat sakit diare yang telah dicampur racun tikus. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia