Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Kaget Suratnya Viral, Fajar Ingin Bertemu Ganjar

09 Agustus 2019, 19: 45: 07 WIB | editor : Perdana

TEKUN: Fajar Jaka Surya (berseragam pramuka) di sekolahnya SMKN Jateng. Foto surat yang dikirim Fajar kepada Gubernur Ganjar Pranowo

TEKUN: Fajar Jaka Surya (berseragam pramuka) di sekolahnya SMKN Jateng. Foto surat yang dikirim Fajar kepada Gubernur Ganjar Pranowo

Share this      

SEMARANG - Fajar Jaka Surya tak percaya surat yang ia tulis untuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi viral di sosial media. Ditemui di sekolahnya, SMK Negeri Jawa Tengah Jalan Brotojoyo Semarang, Fajar mengaku ingin bertemu Ganjar secara langsung.

Fajar yang didampingi guru pembimbingnya, Bagus Suryokusumo tak mampu menyembunyikan kebahagiaan. Air mata yang hendak mengalir pun ia usap dengan kedua tangannya.

"Surat saya sudah diterima Pak Ganjar. Surat itu pesan dari Ibu sebagai ucapan terimakasih kepada Pak Ganjar. Ini menjadi semangat saya untuk belajar sungguh-sungguh dan menaati seluruh peraturan disini," ujarnya dengan suara agak tersesak.

Sambil mengambil nafas panjang, setelah surat dibaca Ganjar Pranowo, Fajar berharap bisa bertemu langsung untuk mengucapkan terimakasih, meminta doa dan dukungan dari suami Siti Atikoh itu.

"Kalau diberi kesempatan, saya ingin menyampaikan secara langsung, menyalami beliau, meminta doa dan mendoakan Pak ganjar agar selalu diberi kesehatan dan dilancarkan rejekinya, Aamiin," kata Fajar.

Fajar yang bercita-cita bisa membantu perekonomian sekaligus mengangkat derajat keluarganya kelak setelah lulus itu mengaku pola hidupnya di rumah dan di asrama SMK cukup berbeda. 

Di SMK, ia diajarkan kedisiplinan, olah raga yang selama duduk di bangku SMP dilakukan seminggu sekali, kini dilakukan setiap hari. Meski pola makan yang sama, menu makan di SMK pun jauh lebih baik, empat sehat lima sempurna.

"Karena ditinggal bapak sejak saya kecil, tentu kasih sayang kepada ibu jauh lebih besar. Ibu itu bagaikan malaikat tak bersayap. Saya harus meraih cita-cita disini," kata Fajar yang bercita-cita setelah lulus bekerja di perusahaan pertambangan yang bekerjasama dengan SMK N Jateng.

Kepala SMK N Jateng Yudi Wibowo saat ditemui di ruangannya berharap, tidak hanya kepada Fajar, seluruh anak didiknya tercapai apa yang dicita-citakan. 

Apa yang dilakukan Fajar dengan menulis surat kepada Gubernur Ganjar Pranowo, menurut Yudi, kurang percaya diri saat menuliskan surat itu. 

"Ya karena masih siswa baru di sini. Dan ini menjadi tugas kami untuk membentuk siswa makin percaya diri dan jujur. Karena, setelah lulus, siswa yang direkrut perusahaan tentu yang memiliki kedisiplinan, PD dan jujur," tandas Yudi.

Sebelumnya, warganet dibuat haru oleh siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Jateng itu. Surat yang ditulis tangan itu diunggah Ganjar Pranowo di akun instagramnya @ganjar_pranowo dan kemudian viral.

Fajar menceritakan kehidupan keseharian keluarganya. Ganjar pun menyatakan jika ia sengaja berlama-lama membacanya, sembari membayangkan ibunya Fajar tersenyum di rumahnya yang sederhana.

Warganet yang turut membaca pun dibuat mewek. Salah satunya pemilik akun instagram @arinda_rasty yang ikut membaca surat itu. Ia pun bilang, "Duh pak kulo kok mblebes mili baca surate..." (bay)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia