Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Dishub Petakan Potensi Macet Pasar Darurat

11 Agustus 2019, 12: 05: 59 WIB | editor : Perdana

WADAHI PEDAGANG: Wali Kota Rudy meninjau lokasi pasar darurat Pasar Legi di sekitar Monumen Banjarsari. 

WADAHI PEDAGANG: Wali Kota Rudy meninjau lokasi pasar darurat Pasar Legi di sekitar Monumen Banjarsari.  (DAMIANUS BRAM/RADARSOLO)

Share this      

SOLO – Sejumlah ruas jalan di sekitar Pasar Legi dan Monumen 45 Banjarsari (Monjari) dipastikan bakal makin padat seiring pembangunan pasar darurat. Karena itu, Dinas Perubungan Surakarta memetakan potensi kemacetan di Jalan Abdurahman Saleh, Banjarsari, hingga Jalan DI Panjaitan, Stabelan.

“Denahnya (lokasi pasar darurat) kan belum jadi. Soalnya pak wali sempat tidak setuju kalau pasar darurat melingkar di Monjari. Sementara ini menunggu dulu,” terang Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo kemarin (10/8). 

Meski sudah ada beberapa opsi kantong parkir darurat yang bisa dimanfaatkan, pihaknya tak menampik kemungkinan munculnya parkir di tepi jalan. Prediksi munculnya simpul kemacetan sudah dapat diperkirakan lantaran adanya penyempitan akses seperti di Jalan Panjaitan (depan kantor dinas pendidikan) dan Jalan Abdurahman Saleh (depan Pasar Elpabes).

"Jalan Panjaitan itu juga dekat dengan lingkungan sekolah. Nah, kalau di Jalan Abdurahman Saleh karena jalan itu salah satu akses keluar masuk ke lingkungan Pasar Legi dari sisi utara," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perparkiran Dishub Surakarta Henry Satya menjelaskan, kebutuhan ruang parkir disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Pasar Legi.

Mengingat lokasi pasar darurat akan berada di sekitar Monjari, pihaknya menilai akan lebih efektif jika kantong parkir disediakan di berbagai penjuru. Mulai dari barat, timur, utara, dan selatan.

"Kalau melihat dari kondisinya, mungkin parkir on street (tepi jalan) yang paling banyak muncul. Nah nanti tinggal ditata saja sedemikian rupa agar tidak terlalu masuk ke jalan," pungkas dia. (ves/wa

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia