Senin, 26 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola
Persis Solo vs PSIM Jogja

Rekomendasi Tunggu Izin Polda Jatim

11 Agustus 2019, 12: 50: 59 WIB | editor : Perdana

Rekomendasi Tunggu Izin Polda Jatim

MADIUN – Kepastian laga Persis Solo melawan PSIM Jogja di Stadion Wilis Madiun (16/8) masih abu-abu. "Kami masih menunggu izin dari kabag ops (Polresta Madiun)," ucap Ketua Panpel Persis Solo,  Didik Daryanto.

Laga big match ini akan menentukan siapa capolista di Grup Timur Liga 2 2019 tersebut. Tak ayal, tensi kedua klub untuk memenangkan laga begitu besar. Bahkan psywar antar kedua suporter juga mulai dilontarkan di media sosial.

Jika tuan rumah, Laskar Sambernyawa memetik poin penuh, dipastikan memuncaki klasemen sementara, dan menggeser posisi PSIM saat ini. 

Selain menyita perhatian para pecinta sepak bola di eks-Karesidena Surakarta, Jogja hingga Madiun, pihak Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota juga tengah memetakan kerawanan jika kedua kekuatan suporter tersebut bertemu di stadion yang sama.  

Kabag Ops Polres Madiun Kota, Kompol Gatot Sudiyoto yang mengungkapkan merunut surat resmi dari panitia penyelenggara pertandingan, laga Persis kontra PSIM resmi diundur sehari. Dari jadwal sebelumnya, 15 Agustus, menjadi 16 Agustus.

“Kami sudah menerima mundur sehari jadwal pertandingan antara Persis lawan PSIM, dikarenakan adanya siaran langsung dari televisi. Kami memahami perubahan tersebut dan siap mengamankan, karena tugas polisi adalah mengamankan jalannya pertandingan,” tegas kabag ops.

Polisi saat ini sudah memetakan titik-titik kerawanan yang kemungkinan ditimbulkan jika kedua suporter bertemu dalam satu titik. Namun, Kabag Ops belum bisa mengatakan di mana saja, karena baru akan dibahas dalam rapat koordinasi selanjutnya.

“Yang jelas kami sangat welcome kepada suporter Solo yang akan mendukung Persis di Madiun. Kami mengimbau tetap menjaga kenyamanan dan keamanan warga Kota Madiun, terutama ketika memasuki Kota Madiun,” ujarnya.

Disinggung soal penambahan kekuatan, Gatot membenarkan jika pihaknya akan mempertebal jumlah keamanan, terutama di ring 1 (sekitar stadion), dan batas-batas kota. “Biasanya pertandingan Persis yang sepi penonton kami siagakan 200 personel. Nah besok itu panpel minta ada penambahan personel keamanan. Sementara ini kami siapkan 300 personel khusus di dalam stadion dan sekitarnya. Jika perlu ada tambahan, akan siap ditambahkan sesuai kebutuhan dan tingkat kerawanan,” urainya.

Dia menambahkan, proses rekomendasi perizinan masih menunggu dari Polda Jawa Timur. Polres menyampaikan ke Polda Jatim dan selanjutnya akan diproses sesuai rekomendasi dari Polda Jatim. “Dari Polres sesuai jadwal pertandingan, pastinya memberikan izin. Namun izin pertandingan tersebut masih menunggu rekomendasi dari Polda Jatim,” imbuhnya.

“Terkait berapa jumlah suporter tuan rumah yang akan datang, nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak panpel dan organisasi suporter. Rapat koordinasi biasnya H-1 pertandingan. Harapan kami pertandingan berjalan aman dan nyaman. Bagi dari suporter yang bertanding maupun warga Kota Madiun,” pungkas kabag ops. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia