Sabtu, 17 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Idu Adha, Ajak Teladani Kisah Nabi Ibrahim

12 Agustus 2019, 07: 15: 59 WIB | editor : Perdana

KHUSYUK: Masyarakat menggelar salat Id di halaman Keraton Surakarta kemarin (11/8). Wali kota dan wawali serahkan hewan kurban ke takmir masjid.

KHUSYUK: Masyarakat menggelar salat Id di halaman Keraton Surakarta kemarin (11/8). Wali kota dan wawali serahkan hewan kurban ke takmir masjid.

Share this      

SOLO – Ribuan umat Islam serentak menunaikan ibadah salat Idul Adha di di berbagai lokasi di Kota Bengawan, Minggu pagi (11/8). Jamaah dengan khusyuk mendengarkan khotbah berkisah soal teladan Nabi Ibrahim. 

Sejak pagi, pelataran Balai Kota Surakarta mulai dipadati berbagai jamaah yang hendak menunaikan salat id. Meski baru dimulai pukul 06.15, mayoritas umat mulai memenuhi saf salat. Salat id diimami KH Muhammad Muhtarom, sementara bertindak sebagai khotib Habib Novel bin Muhammad Alaydrus. “Marilah kita meneladani pesan-pesan dan nilai-nilai yang terkandung dalam kisah pengorbanan Nabi Ibrahim,” terang dia dalam khotbahnya. 

Menurut dia, keteladanan Nabi Ibrahim pada Allah mampu menjadi contoh yang tepat dan masih relevan sampai sekarang. Khususnya dalam hal kerukunan dalam keluarga, antara seorang anak dan orang tua. 

Kala itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih Nabi Ismail Alaihissalam. Pesan yang terkandung di dalamnya dapat dikaitkan dengan hubungan orang tua dan anak. “Sebagai anak kalau diminta orang tua harus siap. Bahkan jika diminta mengorbankan nyawanya sekalipun, anak harus berbakti kepada orang tua,” tegas Habib Novel.  

Dalam hal hubungan anak dan orang tua di sebuah keluarga, orang tua wajib mengajarkan kepada anak agar taat kepada perintah Tuhan. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting, di mana mereka harus mampu menjadikan anak-anak mereka untuk menjadi anak yang saleh dan salihah. 

Selain dihadiri ribuan umat muslim di Solo, salat Id juga diikuti para pejabat Pemkot Solo, di antaranya Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, Sekda Ahyani dan beberapa pejabat lain. “Hendaknya ini menjadi suri tauladan bagi kita semua,” ujar Achmad Purnomo usai salad Id. 

Usai salat Id, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan Wawali Achmad Purnomo menyerahkan hewan kurban kepada masing-masing takmir atau perwakilan tiap masjid di lima kecamatan di Kota Solo. “Tujuh sapi kurban disiapkan pemkot akan distribusikan ke sejumlah masjid di Kota Solo. Termasuk Masjid Baitul Hikmah Balai Kota Solo,” terang Kabag Kesra Setda Kota Surakarta, Danang Sulindriyanto.

Proses penyembelihan hewan kurban di balai kota berlangsung lancar. Kantong plastik yang biasa dipakai pagi itu diganti besek. “Mari mencoba untuk sedikit mengurangi sampah plastik,” tutur Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia