Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Pelatihan Administrasi & Kewirausahaan bagi Mitra Binaan PT Pegadaian

12 Agustus 2019, 10: 52: 00 WIB | editor : Perdana

DAPAT BEKAL: Peserta pelatihan yang digelat PT Pegadaian (Persero).

DAPAT BEKAL: Peserta pelatihan yang digelat PT Pegadaian (Persero).

Share this      

PT Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta menggelar Pelatihan Administrasi dan Kewirausahaan bagi Mitra Binaan, 7-8 Agustus. Bertempat di Hotel Megaland Solo. Kegiatan ini tindak lanjut atas perjanjian kerja sama (PKS) antara Direktorat Jendral Pajak dengan PT Pegadaian (Persero). 

Dalam PKS tersebut, kedua belah pihak bersama-sama melaksanakan kegiatan yang bertujuan membantu para pelaku bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Agar mampu melaksanakan tertib administrasi pembukuan, pemahaman tentang perpajakan, serta stategi dalam mengembangkan usaha bisnis UMKM.

Pelatihan diikuti 30 UMKM Mitra Binaan dari Program Kemitraan PT. Pegadaian (Persero). Berasal dari beberapa daerah seperti Kota Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri.

Hari pertama diisi pelatihan bersih administrasi. Materi dan narasumber diberikan oleh KPP Pratama Surakarta. Melalui program development bussines services (BDS). Dijelaskan betapa pentingnya pelaku bisnis UMKM tertib pembukuan keuangan. Jika tertib pembukuan atau pencatatan keuangan, maka usaha yang dijalankan lebih terarah dan mampu berkembang sesuai harapan.

Melalui program BDS, juga disampaikan tentang perpajakan. Mulai dari arti, maksud dan tujuan perpajakan, manfaat dan pentingnya perpajakan, serta jenis jenis pajak terkait UMKM. Dijelaskan secara detail oleh narasumber. minimnya pengetahuan perpajakan membuat para peserta pelatihan antusias mengikutinya. Terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar perpajakan. 

Hari kedua mengusung tema kewirausahaan. Pada sesi ini, PT Pegadaian (Persero) mengundang Slamet Ragil sebagai narasumber. Sosok pengusaha sekaligus motivator wirausaha asal Semarang yang sukses menjalankan usaha kuliner. 

Slamet Ragil berbagi ilmu tentang strategi. Agar usaha bisnis yang dijalankan berkembang dan sukses. Penyampaian materi sama menariknya dengan hari pertama. Banyak sekali pertanyaan dari peserta terkait strategi bisnis. Dijelaskan secara gamblang dan menarik oleh narasumber. Pelatihan ditutup Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Jateng-DIY Mulyono. (adv/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia