Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

PDI P Kuasai Klaten dan Boyolali

12 Agustus 2019, 11: 57: 17 WIB | editor : Perdana

PDI P Kuasai Klaten dan Boyolali

KLATEN – Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Kabupaten Klaten dan boyolali sudah digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing wilayah. Pleno KPU Klaten pada Jumat malam (9/8), sedangkan KPU Boyolali Sabtu sore (10/8). Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh kursi terbanyak di dua daerah tersebut.

Rapat pleno digelar setelah ada hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Terkait perkara suara partai PAN DPR RI di Dapil IV yang dibacakan 7 Agustus. Penetapan itu terhitung mepet dengan akhir masa jabatan DPRD Klaten 2014-2019 pada 13 Agustus. Kendati demikian, 50 calon legislatif (caleg) terpilih periode 2019-2024 akan segera dilantik. Hasilnya, PDIP menguasai 19 kursi DPRD Klaten.

“Berdasarkan surat edaran dari KPU, rapat pleno terbuka paling lambat lima hari sejak keluarnya putusan MK. Kami putuskan rapat pleno pada 9 Agustus karena akhir pekan sudah Hari Raya Idul Adha,” jelas Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani.

Selanjutnya, KPU Klaten mengusulkan caleg terpilih ke Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Klaten, pagi ini (12/8). Jika surat keputusan (SK) dari gubernur turun, caleg terpilih segara dilantik. 

Sesuai hasil, PDIP meraih 19 kursi. Disusul Golkar (7 kursi), Gerindra (5 kursi), PKS (5 kursi), PKB (4 kursi), PAN (4 kursi), Demokrat (3 kursi), PPP (2 kursi), dan Nasdem (1 kursi). Perolehan suara sah terbanyak secara individu justru didapat caleg terpilih asal Gerindra Hariyanto dengan 16. 372 suara. 

Agus Riyanto, caleg terpilih dari PDIP siap mengemban tugas dan amanah yang telah diberikan masyarakat. “Menjalankan fungsi DPRD lebih baik lagi, yakni terkait anggaran, legislasi, dan pengawasan. Ke depannya, saya akan membuat rumah aspirasi untuk menyerap aspirasi masyarakat Klaten,” tandasnya.

Sementara itu, PDIP menguasai 35 kursi dari total 45 kursi DPRD Boyolali. Sesuai hasil pleno terbuka KPU Boyolali yang diumumkan akhir pekan kemarin. “PKB mendapatkan 2 kursi, Gerindra 1 kursi, dan PDI Perjuangan sebanyak 35 kursi. Kemudian Golkar 4 kursi dan PKS 3 kursi. Jadi total semua 45 kursi,” terang Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin.

Terkait pelantikan caleg terpilih, KPU Boyolali segera menyampaikan hasil ini ke Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Boyolali. Disinggung terkait waktu pelantikan, merupakan kewenangan Gubernur Jateng. ”Semoga sebelum akhir masa jabatan anggota DPRD Boyolali, 19 Agustus mendatang, anggota dewan yang baru sudah dilantik,” ujar Ali. (ren/wid/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia