Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Pilkades Tahap III Digelar Oktober

12 Agustus 2019, 11: 59: 22 WIB | editor : Perdana

TERTIB: Pelaksanaan pilkades tahap II, Maret lalu.

TERTIB: Pelaksanaan pilkades tahap II, Maret lalu. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Pemilihan kepada desa (pilkades) serentak tahap III di Kabupaten Klaten akan digelar Oktober mendatang. Kali ini, pilkades melibatkan 77 desa. Setiap desa penyelenggara pilkades bakal mendapat alokasi dana puluhan juta dari APBD.

“Dana yang dikucurkan menyesuaikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Rata-rata setiap desa dapat Rp 40-90 juta. Tetapi untuk total biaya pilkades masih diusulkan ke bupati,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Administrasi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten Mujab, kemarin (11/8).

Pembiayaan pilkades selain dari APBD juga berasal dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Menghindari pungutan pendaftaran calon kepala desa (cakades) oleh panitia penyelenggara. 

Adapun anggaran digunakan untuk keperluan logistik. Mulai dari pengadaan surat suara, bilik suara, honor panitia, hingga keamanan. Sedangkan dana dari APBDes untuk membiayai rapat maupun pengadaan seragam panitia.

“Tidak boleh menarik dana dari pihak ketiga atau calon. Maksimalkan dulu dana dari APBD itu. Jika tidak cukup, baru diambil APBDes. Saya kira anggaran APBD sudah cukup. Dengan catatan penyelenggaraannya tidak berlebihan,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia