Sabtu, 17 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kurban Idul Adha, Ditemukan 46 Ekor Sapi Betina Disembelih, Bolehkah?

12 Agustus 2019, 19: 00: 46 WIB | editor : Perdana

Penyerahan hewan kurban Polres Wonogiri

Penyerahan hewan kurban Polres Wonogiri

Share this      

WONOGIRI - Puluhan ekor sapi betina dan seekor kambing betina disembelih saat Idul Adha. Hal itu diketahui setelah Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Wonogiri melakukan pemantauan lokasi penyembelihan hewan kurban.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Wonogiri Sutardi mengatakan, data sementara pemotongan hewan kurban hingga Senin (12/8), diketahui jumlah sapi jantan 2.443 ekor dan betina 46 ekor. Kemudian, kambing jantan 8.964 ekor dan betina satu ekor. Sementara  domba jantan 200 ekor. Tidak ada yang menyembelih domba betina.

"Lokasi pemantauan kami di 1.438 titik, tersebar di 25 kecamatan," kata Sutardi Senin.

Terkait pemotongan ternak betina, Sutardi mengakui, dinas sebenarnya sudah melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. Namun, tetap saja ada temuan pemotongan sapi betina. 

Sesuai Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 disebutkan, sapi, kerbau, dan kambing atau domba produktif dilarang dipotong. "Dilarang potong betina produktif. Karena bisa mempengaruhi populasinya di masa mendatang," ujar Sutardi.

Sementara itu, Bagian Humas Kantor Kementerian Agama Mursyidi menyebut, dalam Islam dilihat dari kajian tekstual, diperbolehkan berkurban ternak betina. Namun, dalam kajian kontekstual juga diutamakan adalah jantan.

"Mengedepankan aspek maslahah. Masih diperbolehkan dengan kriteria tertentu, mungkin mandul atau tak produktif. Jika mampunya baru berkurban sapi mandul yang lebih murah, selama tidak menyalahi aturan, baik dari agama dan pemerintah, diperbolehkan," terang Mursyidi. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia