Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Batam Jadi Primadona Pencari Kerja,Upah Bisa Capai Rp 8 Juta Per Bulan

12 Agustus 2019, 21: 23: 05 WIB | editor : Perdana

Warga Sragen mengantre di kantor disperinaker untuk melamar kerja ke Batam

Warga Sragen mengantre di kantor disperinaker untuk melamar kerja ke Batam

Share this      

KLATEN - Kota Batam masih jadi primadona bagi pencari kerja asal Klaten sebagai tujuan bekerja. Ini tak lepas dari rata-rata besaran upah di Batam yang cukup tinggi.

Sebagai gambaran, besaran upah minimum regional (UMR) Kota Batam sekitar Rp 3,8 juta per bulan. Kabid Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten Heru Wijoyo mengatakan, para pencari kerja juga mengejar upah lembur dalam bekerja. Dengan demikian, setiap pekerja bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 8 juta per bulannya.

“Selain dari segi upah, fasilitas yang diterima para pekerja juga jadi daya tarik. Mereka disediakan dormitory yang bisa ditinggali hingga enam orang sekaligus. Ada fasilitas dapur sehingga bisa masak sendiri, lebih irit,” jelas Heru Senin (12/8).

Jika ada pekerja yang tinggalnya jauh dari perusahaan tempat dia bekerja, terdapat fasilitas bus penjemput. Fasilitas-fasilitas itu, diakui Heru, tidak akan ditemukan di Klaten dan sekitarnya. Apalagi untuk UMR di Klaten juga masih Rp 1,7 juta.

“Kalau selama ini kita hanya memfasilitasi dan menjembatani bertemunya pencari kerja dengan perusahaan. Rata-rata setiap bulannya perusahaan asal Batam sering menggelar tes seleksi di Klaten. Kebanyakan perusahaan elektronik,” jelas Heru.

Pada bulan ini juga kembali digelar seleksi dari salah satu perusahaan elektronik asal Batam di kantor disperinaker. Meski hanya membutuhkan 10 pekerja laki-laki dan 30 perempuan, tapi yang mengikuti seleksi mencapai ratusan pelamar. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia