Senin, 26 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Mengedukasi Anak lewat Pesan Mural

13 Agustus 2019, 14: 43: 45 WIB | editor : Perdana

ARTISTIK: Wajah-wajah presiden RI jadi objek mural di Kampung Dawung Tengah, Kelurahan Serengan .

ARTISTIK: Wajah-wajah presiden RI jadi objek mural di Kampung Dawung Tengah, Kelurahan Serengan .

Share this      

SOLO – Suasana Kampung Dawung Tengah, RT 05 RW 13, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan terlihat berbeda, kemarin (12/8). Tujuh gambar presiden RI menghiasi tembok-tembok kampung setempat. Mural itu guna memeriahkan HUT Ke-74 RI.

“Kalau tahun lalu batik jalan. Kali ini kami mural dinding dengan tema nasionalisme dan cinta tanah air,” jelas ketua RT setempat Ottoy Setiadi.

Menghias tembok di jalan kampung itu sekaligus meningkatkan keakraban warga dengan saling membantu. Selain gambar wajah para presiden RI, ada pula teks Proklamasi dan Pancasila. “Anak sekarang jarang yang hafal. Jadi kami para orang tua sepakat menuliskan itu ditembok agar dapat selalu dilihat dan akhirnya diresapi generasi muda di kampung," ujar dia.

Setyo Nugroho warga setempat menuturkan, mural tersebut dapat dijadikan sarana edukasi warga. Anak-anak kecil dapat dengan mudah mengamati wajah presiden terdahulu. "Kami harap ini bisa merangsang kampung-kampung lebih kreatif dengan kegiatan positif,” jelasnya. 

Pada malam hari, gambar mural tetap dapat dinikmati karena warga setempat melengkapiny adengan lampu sorot. “Pagi, sore, ,alam pasti ramai. Bahkan sering orang dari daerah lain yang datang di sini buat foto. Kalau saya jelas paling enak, karena dari depan rumah ada pemandangan indah seperti ini," terang Agung Indrianto yang rumahnya menghadap ke mural. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia