Senin, 26 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Halangi Kemegahan MTSS, Robohkan Tembok 

14 Agustus 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

LUAS: Progres pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta yang digarap sejak Februari lalu mencapai 46 persen.

LUAS: Progres pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta yang digarap sejak Februari lalu mencapai 46 persen. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot berencana merobohkan pagar tembok Sriwedari di sisi utara Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) Januari 2020. Hal itu guna menonjolkan konstruksi masjid agar bisa dinikmati dari Jalan Slamet Riyadi.

Ketua panitia pembangunan MTSS Achmad Purnomo mengatakan, setelah dinding pagar dirobohkan dan lantai masjid dinaikkan, maka bangunan akan terlihat dari Jalan Slamet Riyadi. Berdasarkan rencana, terdapat selisih ketinggian antara lantai masjid dengan badan Jalan Slamet Riyadi. Selisih ketinggian itu harus dioptimalkan agar keindahan bangunan MTSS bisa dieksplor pengguna jalan.

"Lantai masjid lebih tinggi sekitar empat meter jika diukur dari nol meter Jalan Slamet Riyadi. Sesudah dinding ini dirobohkan, nantinya dari Jalan Slamet Riyadi bisa kelihatan MTSS yang luar biasa," katanya, Selasa (13/8). Sejalan dengan rencana perobohan dinding tersebut, panitia akan menyediakan akses masuk pengunjung maupun jamaah dari Jalan Slamet Riyadi.

Di lain sisi, kontraktor pelaksana pembangunan MTSS berkomitmen menuntaskan proyek senilai Rp 165 miliar tersebut, meskipun panitia pembangunan terkendala pendanaan proyek. Pihak kontraktor bahkan menargetkan masjid bisa difungsikan sementara sebagai tempat ibadah pada akhir tahun ini.

Sejak proyek dimulai Februari silam, progres pembangunan MTSS telah melampaui 46,97 persen dari total pekerjaan. Selain berkonsentrasi kepada penyelesaian bangunan utama masjid, pelaksana proyek fokus pembangunan empat menara penunjang serta satu menara utama.

Manager proyek pembangunan MTSS, Agung Budianto menjelaskan, satu menara utama didesain setinggi 114 meter lengkap dengan fasilitas lift bagi pengunjung. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia