Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola
PERSIS SOLO vs PSIM JOGJA

Tanpa Penonton, Suporter Nekat ke Madiun

16 Agustus 2019, 11: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Tanpa Penonton, Suporter Nekat ke Madiun

MADIUN – Laga klasik derby Mataram antara Persis Solo melawan PSIM Jogja di Stadion Wilis Madiun sore ini bakal berkurang animonya. Polres Madiun Kota tetap bersikukuh laga tersebut digelar tanpa suporter. 

”Tanpa penonton,” tegas Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun P.  Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan besarnya animo suporter asal Solo, serta kapasitas Stadion Wilis yang dikhawatirkan tak mampu menampung pendukung. 

Polres juga mempertimbangkan faktor keamanan. Sebab, laga tersebut berpotensi chaos. Pertimbangan lainnya, pertandingan itu juga disiarkan langsung oleh televisi nasional. Sehingga pendukung kedua tim bisa bisa menyaksikan laga itu melalui layar kaca. 

Kondisi ini jelas tak menguntungkan Persis. Sebab, Laskar Sambernyawa – julukan Persis, membutuhkan tambahan motivasi demi meraih kemenangan agar bisa merebut capolista Liga 2 Wilayah Timur.

Di sisi lain, sekitar 9 ribu Pasoepati memastikan tetap datangke Kota Madiun untuk mendukung Nanang Asripin dkk. Mereka berangkat secara dengan menggunakan 17 kendaraan bus. Jumlah itu belum termasuk mereka yang berangkat naik kereta dan sepeda motor. Serta ribuan Surakartans lainnya. 

Tiket 13 ribu yang dijual panpel Persis di Solo juga ludes. Selain Pasoepati, tiket lainnya juga sudah diborong anggota Surakartans.

Presiden Pasoepati Aulia Haryo mengakui pihaknya sudah siap menggelar tur resmi dari Kota Solo. Rencananya mereka akan berangkat pagi ini di titik kumpul Manahan pukul 09 .00. Dia berharap suporter tetap menjaga sportivitas.  ”Hasil koordinasi dengan pihak kepolisian dan panpel, kami boleh masuk dengan full attribute,” katanya.

Namun hal itu dibantah Kasatintelkam Polres Madiun Kota AKP Sumono. Senada kapolres, Sumono menyatakan bahwa laga Persis kontra PSIM tetap tanpa penonton. ”Kalau pun suporter tetap nekat masuk, tinggal panpel nanti yang menentukan,” terangnya.

Terpisah, Wali Kota Madiun Maidi meminta para suporter Persis yang datang ke Stadion Wilis agar tetap tertib dan santun. Pihaknya tak segan-segan mencabut izin pemakaian stadion bila nanti ada kerusakan dan n mengganggu kenyamanan Kota Madiun. ”Suporter yang baik itu tentu harus santun. Apalagi, mereka di kota orang,” katanya. (her/JPG/nik)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia