Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Boyolali

5 Ribu Pendaki Akan Muncak Merbabu, Ikuti Upacara 17 Agustus

16 Agustus 2019, 17: 59: 17 WIB | editor : Perdana

Gunung Merbabu jadi tujuan para pendaki untuk menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI

Gunung Merbabu jadi tujuan para pendaki untuk menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI

Share this      

BOYOLALI - Mengikuti upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus di lapangan atau halaman sudah biasa. Beda rasanya saat bisa melaksanakan upacara dari puncak gunung.

Ya, pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 RI, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) akan kembali menggelar upacara pengibaran bendera. Sedikitnya, 5 ribu pendaki bakal mengikuti upacara tersebut.

Kepala BTNGMb Junita Parjanti mengatakan, upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI dilaksanakan di tiga lokasi. Yakni, di Padang Sabana untuk pendakian dari jalur Selo. Pos II di jalur Wekas untuk pendakian dari arah barat. Kemudian, di jalur pendakian Thekelan.

”Untuk petugas upacara ada dari BTNGMb, koramil, serta relawan dan potensi SAR,” ujar Junita Jumat (16/8).

Segala sesuatu untuk pelaksanaan upacara telah disiapkan. Begitu juga pengamanan jalur dengan menyiagakan petugas serta aparat di beberapa titik. BTNGMb mencatat, sampai saat ini sudah ada 4.559 pendaki yang siap naik Merbabu. 

Berdasarkan sidaring aplikasi pendakian online, jumlah pendaki yang naik hari ini (16/8) sebanyak 2.908 orang. Kemudian, pada Sabtu (17/8), akan ada sebanyak 1.543 pendaki. Serta 108 pendaki yang naik pada Minggu (18/8).

”Jumlah pendaki ini hanya dari basecamp Selo. Jadi kemungkinan lebih dari 5 ribu orang akan mendaki Gunung Merbabu sehari sebelum peringatan HUT RI,” ujarnya. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia