Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

15.872 Pemohon E-KTP Menanti Blangko

17 Agustus 2019, 08: 15: 59 WIB | editor : Perdana

SABAR MENANTI: Antrean cetak KTP elektronik di Kantor Dispendukcapil cukup panjang. Ada 15 ribu warga Sragen menanti blangko.

SABAR MENANTI: Antrean cetak KTP elektronik di Kantor Dispendukcapil cukup panjang. Ada 15 ribu warga Sragen menanti blangko. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Lebih dari 15 ribu warga Sragen saat ini belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Mereka masih menunggu antrean hingga blangko tersedia. Sebagai tanda sudah melakukan perekaman data kependudukan, warga yang belum mendapat  E-KTP bisa menggunakan surat keterangan (Suket).

Setidaknya masih ada 15.872 pemohon yang statusnya Print Ready Record (PRR). Warga harus menunggu pasokan blangko KTP datang. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) tidak bisa berbuat banyak. Lantaran pengadaan blangko E-KTP menjadi wewenang pemerintah pusat.

Kepala Dispendukcapil Sragen H. Wahyu Lwiyanto menyampaikan, pekan ini Sragen mendapatkan pasokan 500 keping blangko KTP. Begitu datang, blangko-blangko tersebut langsung dipergunakan untuk mencetak E-KTP. Sebelumnya banyak masyarakat yang menanyakan kapan blangko akan datang lagi. 

”Kamis kemarin ada kiriman 500 keping blangko dari Semarang. Dan kami langsung pakai untuk cetak KTP,” terangnya kemarin (16/8).

Jika blangko datang, pihaknya langsung menginformasikan kepada masyarakat. Cetak E-KTP diprioritaskan bagi warga yang saat itu datang ke kantor Dispendukcapil.

”Pertimbangan kami, kesulitan bila harus mengurutkan para pemegang Suket. Karena jumlahnya sangat banyak. Selain itu belum tentu yang bersangkutan juga ada di tempat. Untuk sementara yang belum pegang sudah memiliki Suket sebagai pengganti KTP,” bebernya.

Dalam hitungan hari, stok blangko langsung habis. Seperti Kamis (15/8), 200 keping blangko sudah dicetak untuk KTP. ”Blangkonya langsung habis dalam dua hari ini,” bebernya.

Kondisi kekurangan blangko juga dialami seluruh Kabupaten dan berharap agar blangko segera datang dalam jumlah yang banyak. Berbeda dibanding tahun lalu, stok blangko KTP di Dispendukcapil Sragen tersedia cukup banyak. Pihaknya bisa melakukan kegiatan pencetakan massal pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia