Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

RSUD Bung Karno Diresmikan Hari Ini

17 Agustus 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Perdana

TINGKATKAN PELAYANAN: Persiapan soft launching RSUD Bung Karno hari ini.

TINGKATKAN PELAYANAN: Persiapan soft launching RSUD Bung Karno hari ini. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Ke-74 RI, hari ini (17/8) pemkot meresmikan RSUD Bung Karno di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon. Diharapkan, hadirnya rumah sakit kedua milik pemkot tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dalam beberapa kesempatan menyampaikan, pembangunan rumah sakit di wilayah Solo selatan merupakan mimpinya. Kini rumah sakit tersebut tak sekadar mimpi. Dia memastikan hari ini Kota Solo punya dua rumah sakit dengan fasilitas sesuai standar.

"Peresmian besok (hari ini) setelah upacara di Stadion Sriwedari. Istilahnya soft launching. Nanti setelah ini ada grand opening. Sudah saya cek semua persiapannya," kata wali kota ditemui di kantor DPRD Surakarta, kemarin (16/8).

Peresmian RSUD Bung Karno sengaja dipilih pada 17 Agustus sebagai simbol kemerdekaan. Yakni kemerdekaan dalam bidang kesehatan. "Ini adalah bukti hadirnya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih menjelaskan secara rigit ihwal persiapan peresmian. RSUD Bung Kamo merupakan rumah sakit type C seluas 18.639 meter persegi yang terdiri dari enam lantai dengan kapasitas 200 tempat tidur. Kelas VIP terdapat 11 kamar, kelas III ada 108 kamar, kelas II tersedia 48 kamar dan kelas I ada 32 kamar.

"RSUD Bung Kamo didirikan di atas lahan seluas 11.116 meter persegi berdasarkan Sertifikat Hak Pakai No. 0005. tanggal 6 Oktober 2015. Pemkot telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota Nomor 9 Tahun 2019 tentang struktur organisasi RSUD Bung Karno," jelasnya.

Personel RSUD Bung Karno akan diisi dari tenaga aparatur sipil negra (ASN), dan tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK). Rumah sakit ini akan memiliki fasulitas IGD, rawat inap, rawat jalan, radiologi serta memiliki 24 unit mesin cuci darah terbaru. 

"Juga dilengkapi ruang bedah yang modern dengan pendant system, radiologi dan imaging yang canggih. serta sentral sterilisasi yang andal," kata perempuan yang akrab disapa Ning tersebut. Tapi, untuk sementara RSUD belum menerima pasien karena masih melengkapi syarat administratif. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia