Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Roda Tronton pun Bisa Digembok

Dishub Surakarta Siapkan Rp 50 Juta 

18 Agustus 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Perdana

EFEK JERA: Kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir mendapatkan sanksi gembok.

EFEK JERA: Kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir mendapatkan sanksi gembok. (DAMIANUS BRAM/RADARSOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot kian serius menerbitkan pelanggaran parkir. Tidak hanya mobil dan sepeda motor, dalam waktu dekat, roda tronton, bus, serta kendaraan berat lainnya bisa digembok.

Dinas Perhubungan (Dshub) Surakarta menyiapkan Rp 50 juta untuk pengadaan gembok khusus. Alat tersebut dijadwalkan bisa digunakan pada akhir tahun ini. 

"Selama ini, penindakan angkutan berat dilakukan bidang angkutan dengan cara memberikan tilang. Kendalanya, hal itu hanya bisa diberikan jika si sopir ada di lokasi. Jika tidak ditemukan sopir, petugas tak bisa memberikan kertas tilang," beber 

Kepala Bidang Perparkiran Dishub Surakarta Henry Satya kemarin (17/8).

Ukuran gembok dipastikan lebih besar dibandingkan yang biasa digunakan untuk roda mobil maupun sepeda motor. Sebab, ditujukan mengunci roda kendaraan dengan berat di atas 5.500 kilogram. 

Henry berharap sanksi gembok roda kendaraan berat bisa mengurai pelanggaran lokasi parkir. "Beberapa ruas jalan kerap digunakan parkir kendaraan berat. Seperti di Jalan Ir. Juanda. Di situ sudah ada rambu larangan parkir kendaraan berat, masih saja ada yang nekad,” jelasnya. 

Surat teguran, imbuh Henry, kadang tak digubris. “Harusnya (parkir kendaraan berat) masuk ke halaman atau gudang perusahaan, pabrik. Jika tak ada tempat, maka sarannya ke Pedaringan," tegas dia.

Kepala Dishub Surakarta Hari Prihatno mengaku telah melakukan survey untuk mendapatkan harga gembok yang paling efisien. “Gembok khusus kendaraan ini masih terus dipersiapkan matang. Survei terus dilakukan untuk menimbang pervandingan harga. Ini perlu dilakukan mengingat gembok juga kelengkapan lalu lintas, khususnya penindakan pelanggarna parkir,” pungkasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia