Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Jamaah Sukoharjo Pulang Pertama

18 Agustus 2019, 11: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 asal Kabupaten Sukoharjo dijadwalkan tiba di tanah air hari ini, Minggu (18/8) pukul 09.45 melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo telah siap menyambut kepulangan tamu Allah tersebut.

Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Debarkasi Solo Agus Widakdo menjelaskan, seluruh petugas telah tiba di asrama haji Donohudan Boyolali sejak Jumat (16/8). Sebelum menuju pos masing-masing, satuan tugas dan PPIH melaksanakan istighosah di Masjid Asrama Haji terlebih dahulu. Hal itu dimaksudkan untuk memohon kelancaran dalam menyambut jamaah haji tahun ini.

“Istighosah diikuti seluruh petugas, dipimpin oleh KH Afief Mundzir. Jumlah petugas dalam menyambut kepulangan jamaah relatif lebih sedikit dari pemberangkatan. Sekarang hanya 200 orang,” katanya, Sabtu (17/8).

Agenda lain sebelum menerima kedatangan jamaah haji kloter 1, PPIH dan seluruh satuan tugas kemarin melaksanakan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan Ke-74 RI di halaman asrama haji. Setelah itu dilakukan pengukuhan satgas dan PPIH di gedung muzdalifah.

PPIH mencatat pelaksanaan ibadah haji dari Solo tahun ini relatif lancar. Bahkan tercatat ada penurunan jumlah jamaah haji yang meninggal dunia. Pada 2018 terdapat 35 jamaah yang meninggal. Rinciannya, 25 orang meninggal sebelum armuzna, satu orang meninggal di Arafah, tiga orang meninggal di Muzdalifah dan enam orang meninggal di Mina.

Sedangkan hingga saat ini, jamaah haji yang meninggal berjumlah 22 orang. Terdiri dari 16 orang meninggal sebelum armuzna, satu orang meninggal di Arafah dan lima orang meninggal di Mina.

“Terjadi penurunan 37 persen dari tahun sebelumnya. Kita doakan bersama semoga tren positif ini dapat terus berlanjut sampai pemulangan kloter terakhir,” harapnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia