Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Pesta Rakyat Dimeriahkan Seni Budaya Lokal hingga Band Ibu Kota

20 Agustus 2019, 10: 12: 53 WIB | editor : Perdana

DIPERCANTIK: Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri terus bersolek demi memyambut Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019.

DIPERCANTIK: Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri terus bersolek demi memyambut Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Beberapa lokasi disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri untuk kemeriahan Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019. Rencananya event ini akan digelar 23-25 Agustus mendatang. Alun-Alun Giri Krida Bakti menjadi salah satu lokasi andalan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri Suharno mengatakan, sejumlah acara akan memeriahkan Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019. Di antaranya produk kriya deskranada, karnaval batik, karnaval budaya dan Jateng Bersalawat. Tidak kalah penting, bakti sosial bedah rumah, layanan kesehatan seperti operasi katarak juga digelar. Bahkan, jalan sehat dan gowes bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo akan menjadi acara yang dinantikan. 

“Acara juga akan dimeriahkan band dari ibu kota Cokelat serta penampilan Yoda Idol,” kata Suharno, kemarin. 

Menurut Suharno, beberapa lokasi sudah disiapkan. Di antaranya Kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri. Selama 23-25 Agustus berbagai kegiatan akan digelar di gedung kebanggaan Wonogiri itu.  “Yang di GOR ada pameran produk kriya, pameran produk kube, job fair, pentas musik campursari, lomba olahraga rekreasi, bakti sosial dan layanan kesehatan,” terang Suharno. 

Sedangkan di alun-alun disiapkan untuk acara pembukaan dengan tarian kolosal Kethek Ogleng dan Tretek Kentongan. Di Alun-alun juga disiapkan untuk salawatan dan pentas Cokelat Band. 

“Pesta rakyat ini sangat meriah, karena ada dua kali karnaval. Karnaval batik atau karnaval dekranasda mulai dari alun-alun memutar ke Ponten lalu kembali lagi ke alun-alun. Lalu karnaval seni dan budaya Jateng sebagai penutupan diikuti oleh 35 kabupaten/kota. Start dari Lapangan Sukorejo sampai di Alun-Alun Wonogiri,” terangnya. 

Para pejabat di lingkungkan Pemerintah Provinsi Jateng, para kepala daerah juga akan menghibur masyarakat dengan pentas ketoprak di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Awal pekan depan, para pejabat akan mulai berlatih. “Ketoprak juga akan dimeriahkan oleh Yati Pesek dan Marwoto,” kata Sekda. 

Sumarno, 45, warga Wonokarto, Kecamatan Wonogiri Kota ditemui di Alun-Alun Giri Krida Bakti menyambut baik even Pesta Rakyat Jawa Tengah yang dipusatkan di Wonogiri ini. Harapannya acara tersebut dapat memberikan manfaat bagi warga khususnya di Wonogiri. 

“Ya, harapannya bisa jadi hiburan bagi warga, tentunya bisa mendatangkan pendapatan juga bagi warga yang berjualan,” katanya.  (kwl/kom)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia