Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis
XL Axiata Dukung Scrum Day Bandung 2019

Kenalkan Scrum dan DevOps Untuk Pengembangan IoT

21 Agustus 2019, 16: 07: 37 WIB | editor : Perdana

Kenalkan Scrum dan DevOps Untuk Pengembangan IoT

BANDUNG - Komitmen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan Internet of Thing (IoT) terus ditunjukkan. Setelah membangun dan mengoperasikan laboratorium IoT yang dikenal dengan nama X-Camp pada awal November 2018 yang lalu, XL Axiata kembali mendukung penyelenggaraan Scrum Day Bandung 2019, Senin (19/8). Salah satu perhelatan tahunan karya Yayasan Indonesia Tangkas Beradaptasi (YITB) yang diisi oleh sederet praktisi dan profesional di bidang Pengembangan Produk yang berkualitas tinggi.

Group Head Information Technology XL Axiata, Keri Oetarto mengatakan, “Kehadiran kami dari XL Axiata pada Scrum Day Bandung 2019 ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah ataupun swasta dalam upaya pengembangan produk atau layanan, termasuk IoT di Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini kami melihat potensi besar dari para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan bisnis termasuk salah satunya dengan mengedepankan IoT. Karena itu, acara ini diharapkan dapat menjadi sarana para profesional untuk memperluas pengetahuannya mengenai Scrum maupun DevOps yang dapat mendukung efektifitas teknologi yang sedang berkembang saat ini untuk menghantarkan produk dengan nilai tinggi dan berkualitas.”

Istilah Scrum merujuk pada framework yang digunakan untuk memecahkan masalah komplek sehingga tetap bisa menghasilkan produk bernilai tinggi. Sementara itu, DevOps adalah istilah untuk pergerakan yang juga menekankan automasi dan kolaborasi. Di era saat ini, Scrum maupun DevOps sangat aplikatif untuk digunakan pada produk maupun layanan apa saja. Keduanya saling melengkapi untuk menghasilkan produk/layanan bernilai tinggi.

Keri Oetarto menambahkan, XL Axiata sangat mendukung terwujudnya kesiapan para pelaku bisnis di Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam pemanfaatan Scrum dan DevOps ini. Dukungan ini antara lain bisa dilihat dari penyediaan solusi-solusi bisnis termasuk diantaranya untuk layanan berbasis IoT yang dikembangkan oleh para professional dengan metoda Scrum dan DevOps di XL Axiata. Hal ini sekaligus menunjukkan bagaimana XL Axiata sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia yang selalu mengedepankan teknologi, agility, dan kebutuhan masyarakat.

Pada Scrum Day Bandung 2019 ini, professional Scrum dari XL Axiata akan berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar bagaimana Scrum dan DevOps dapat digunakan untuk memaksimalkan people dan potensi yang ada pada suatu perusahaan. Beberapa pokok materi yang akan dibawakan antara lain Challenge Agile and DevOps Implementation, Myth Agile/Scrum and DevOps, serta Convergence Scrum & DevOps. Selain itu, turut pula dibuka kesempatan kepada generasi muda maupun para developer lokal yang ingin bergabung untuk mengembangkan talenta yang dimiliki bersama XL Axiata melalui open booth recruitment.

Scrum Day Bandung sendiri merupakan ajang tahunan yang mempertemukan para praktisi dan ahli di bidang Scrum maupun DevOps dari berbagai industri dan latar belakang yang kemudian membahas bagaimana framework ini diimplementasikan dalam bisnis untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Selain itu, hadir pula para pelaku dan pengembang bisnis lokal yang tertarik mengadaptasi Scrum ke dalam bisnis prosesnya. (ser)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia