Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pemkab Pastikan Pelajar Asal Papua di Sukoharjo Aman dan Terfasilitasi

21 Agustus 2019, 16: 57: 00 WIB | editor : Perdana

Pemkab menjamin keamanan mahasiswa asal Papua yang berkuliah di UMS dan lembaga pendidikan lain di Sukoharjo

Pemkab menjamin keamanan mahasiswa asal Papua yang berkuliah di UMS dan lembaga pendidikan lain di Sukoharjo (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo menjamin pelajar asal Papua yang menempuh pendidikan dan tinggal di Kota Jamu dalam keadaan aman dan bisa beraktivitas seperti biasa. Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya juga mengimbau agar mereka tidak terprovokasi aksi protes yang terjadi di sejumlah daerah dan bisa fokus belajar.

Wardoyo mengungkapkan, pihak terkait telah melakukan pendataan sebaran pelajar asal Papua. Terutama di lingkungan pendidikan perguruan tinggi. 

Kartasura menjadi tujuan para mahasiswa asal Papua. Sebab terdapat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta serta sejumlah pendidikan tinggi lain.

”Kami menjamin fasilitasi mereka agar para mahasiswa asal Papua ini tetap mendapatkan haknya dalam belajar,” kata Wardoyo pada Rabu (21/8).

Seperti yang terjadi belakangan ini, aksi protes mahasiswa asal Papua terjadi di sejumlah daerah, salah satunya di Surabaya. Kapolsek Kartasura AKP Sarwoko mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan pelajar asal Papua di sejumlah lembaga pendidikan.

Berdasarkan pendataan sementara, terdapat 46 pelajar. Rinciannya 27 mahasiswa UMS dan 17 pelajar di Akademi Pelayaran Nasional (APN) yang terletak di Kecamatan Kartasura.

”Kita sambangi mereka dan sampaikan untuk ikut menjaga situasi kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) serta keamanan mereka,” pungkas Sarwoko. (rgl/ria)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia